Sukses

Cerita Awal Mula Istri Pertama Dampingi Suaminya Menikah Lagi di Bulukumba

Liputan6.com, Bulukumba - Pernikahan Andi Syamsir dengan Nirfawana yang berlangsung di Jalan Bakti Adiguna, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan pada Selasa (3/3/2020) lalu tengah jadi buah bibir. Bagaimana tidak, pernikahan pria berusia 41 tahun itu didampingi langsung oleh istri pertamanya Juspiwati. 

Belakangan terungkap bahwa Juspiwati tidak hanya mendampingi sang suami di hadapan penghulu saat menikah lagi. Bahkan dialah yang menjodohkan suaminya tercinta dengan Nirfawana.

"Masalah besar dalam poligami adalah istri pertama, tapi ini istri pertama datang melamar," ujar Muslim Bahar, saksi pernikahan Syamsir dan Nirfawana, saat dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis, 5 Maret 2020.

Perjodohan itu bermula ketika, Harnah, ibunda dari Nirfawana hendak menjual sebidang tanah kepada Andi Syamsir dan Juspiwati. Saat itulah pulalah Juspiwati tiba-tiba berkata bahwa dirinya hendak mencarikan istri untuk suaminya.

Tanpa berpikir panjang Harnah menyebutkan bahwa dirinya selama ini juga sedang mencarikan suami untuk anak perempuannya. Ia bahkan mengatakan bahwa ia sangat ingin mempunyai menantu seorang ustaz.

"Bu Harnah bilang bagaimana kalau dengan anakku saja, saya juga mau punya menantu ustaz, karena anak-anakku tidak ada yang jadi ustaz," ucap Muslim menirukan perkataan Harnah.

Kesepakatan antara Juspiwati dan ibunda dari Nirfawana itu langsung direalisasikan. Harnah bahkan tidak menunggu persetujuan anak perempuannya itu apakah ia bersedia menikah dengan lelaki yang telah memiliki istri. 

"Hajah Nirfawana kaget, ibunya bilang kalau mau lihat orang tua bahagia menurut saja, karena kamu juga sudah terlalu lama sendiri," jelas Muslim menerangkan ucapan Harnah kepada anaknya, Nirfawana.

Persiapan akad nikah antara Andi Syamsir dan Nirfawana pun tidak berlangsung lama. Muslim menyebutkan persiapan itu begitu cepat karena tidak ada masalah yang timbul dalam urusan poligami ini.

"Lima hari setelahnya itu kan ada tanggal cantik yakni tanggal 3 bulan 3, nah dipilihlah hari itu untuk menikahkan keduanya," dia menjelaskan.

2 dari 3 halaman

Viral di Media Sosial

Lini masa media sosial di Sulawesi Selatan sedang dihebohkan dengan sejumlah foto yang memperlihatkan seorang wanita mendampingi suaminya untuk menikahi wanita lain.

Belakangan diketahui dua mempelai yang ada di dalam foto itu adalah Andi Syamsir dan Nirfawana. Uniknya, saat akad nikah berlangsung Andi Syamsir didampingi oleh istri pertamanya Juspiwati.  

"Iya betul, itu nikahannya Ustaz Syamsir dan hajah Nirfawana," kata Susanti, salah seorang warga yang menghadiri akad nikah kedua mempelai tersebut, Rabu (4/3/2020) malam.

Susanti menyebutkan bahwa akad nikah Andi Syamsir dan Nirfawana berlangsug di kediaman mempelai wanita  di Jalan Bakti Adi Guna, Kelurahan Caile, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan pada Selasa, 3 Maret 2020 sekitar pukul 10.00 Wita. 

"Akadnya berlangsung meriah, banyak undangan yang hadir," ucap Susanti.

Saat Juspiwati mendampingi suaminya, Andi Syamsir, untuk menikah dengan Nirfawana, ia bahkan membawa anak-anaknya yang masih kecil turut serta hadir dalam acara akad nikah tersebut. Tak terpancar sedikit pun rasa sedih dari raut wajah Juspiwati, ia bahkan terlihat senyum sumringah melihat suaminya tercinta mengucapkan ijab kabul dengan wanita lain.

"Yang heboh itu pas Hajah Nirfawana mencium tangan istri pertama suaminya, ramai tamu undangan teriak," ucapnya.

Sejumlah tamu undangan yang hadir pun tak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen dimana Juspiwati mendampingi suaminya untuk menikahi wanita lain. Foto dan video akad nikah itu pun diunggah ke sejumlah sosial media seperti Instagram dan Facebook, hingga menjadi perbincangan warganet dan menjadi viral.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut: