Sukses

Diduga Terindikasi Virus Corona, Warga Pekanbaru Diobservasi di RSUD Pekanbaru

Seorang warga di Pekanbaru dikabarkan tengah diobservasi karena terserang Virus COVID-19 atau virus corona.

Liputan6.com, Pekanbaru - Seorang warga di Pekanbaru dikabarkan tengah diobservasi karena terserang Virus COVID-19 atau virus corona. Dia disebut baru pulang dari Malaysia dan tengah dirawat di Rumah Sakit Awal Bros.

Pihak Rumah Sakit Umum Daerah Pekanbaru tengah memantau kondisi pasien dimaksud. Pemindahan akan dilakukan ke ruang isolasi yang telah disiapkan Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

"Kini sedang proses transfer (dari Awal Bros ke RSUD)," kata Direktur RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru dr Nuzelly Husnedi di kantor Gubernur Riau, Selasa siang, 3 Maret 2020.

Nuzelly menjelaskan, RSUD Pekanbaru telah menyediakan empat ruangan isolasi. Hal ini sebagai antisipasi kemungkinan buruk jika ada warga Pekanbaru terpapar virus corona.

Terkait pasien yang diobservasi tadi, Nuzelly menyatakan belum positif terpapar virus. Dia menyebut perlu uji laboratorium yang hasilnya keluar dalam beberapa hari ke depan.

"Sampai saat ini, detik ini belum (positif). Kalau memang nanti iya, gubernur yang menyampaikan," sebut Nuzelly.

Menurutnya, setiap petugas medis di ruang isolasi memakai baju khusus sesuai standar yang ditetapkan kementerian kesehatan. Orang yang masuk dan keluar diperiksa secara ketat.

Nuzelly menjelaskan, suspek belum tentu terkonfirmasi atau positif mengidap virus. Dalam bahasa medis, suspek disebut sebagai orang yang dicurigai dengan gejala yang ada.

"Jadi perlu disamakan persepsi, suspek belum pasti terkonfirmasi, beda dengan yang terpapar," ucap Nuzelly.

Terkait pesan di media sosial yang menyatakan ada warga terpapar virus corona, Nuzelly mengimbau masyarakat tidak panik. Dia mengajak masyarakat menjaga kesehatan dan mengonsumsi makanan penambah daya tahan tubuh.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.