Sukses

Sambil Rebahan, Warga Pekanbaru Kini Bisa Buat Rekening di Bank

Bank Mandiri Syariah meluncurkan mandiri syariah mobile yang mempermudah nasabah bertransaksi termasuk bagi calon nasabah yang ingin buka rekening tanpa ke bank.

Liputan6.com, Pekanbaru - Dengan perkembangan teknologi saat ini, masyarakat yang ingin punya rekening tidak perlu datang lagi ke bank. Masyarakat bisa mendaftar secara online tanpa mengeluarkan biaya sebagai saldo awal.

Saat ini, Bank Syariah Mandiri sudah membuka layanan dimaksud secara daring. Masyarakat hanya perlu mengunggah aplikasinya melalui penyedia aplikasi baik android ataupun IOS serta sistem operasi perangkat lainnya.

Menurut Area Manager Pekanbaru Syahrial Alrasyid, layanan ini sudah disosialisasikan secara serentak di Indonesia. Di Pekanbaru, sosialisasi ini berlangsung di Mall SKA, Jalan Soekarno-Hatta.

Dia menjelaskan, fitur ini hadir untuk mengakomodir tingginya aktivitas dan mobilitas masyarakat di era serba digital. Dengan aplikasi bernama Mandiri Syariah Mobile (MSM) ini, calon nasabah dapat membuka rekening dengan mudah, cepat, dimana saja dan kapan saja.

"Tak perlu lama, tak sampai 10 menit, masyarakat sudah bisa punya rekening bank," kata Syahrial

Ada tiga tahapan yang dapat diikuti warga sesudah mendownload aplikasi ini. Di antaranya memilih jenis tabungan, memberikan data diri serta pekerjaan ataupun alamat kantor.

Pemberian tanda tangan cukup dengan foto lalu mengirimkannya melalui aplikasi, begitu juga dengan gambar KTP elektronik. KTP juga diambil gambarnya sesuai dengan wajah pembuat rekening.

"Terakhir verifikasi dengan video call dengan karyawan kami. Setelah jadi langsung bisa transaksi baik transfer, penarikan tunai tanpa kartu ATM dan lain-lain," kata Syahrial.

Di sisi lain, aplikasi MSM ini akan terus ditingkatkan sesuai kebutuhan masyarakat dan mengikuti perkembangan. Saat ini ada lebih dari 72 fitur di aplikasi ini yang dapat memudahkan nasabah dalam bertransaksi, berbagi dan beribadah.

Di antaranya, tarik tunai tanpa kartu ATM, registrasi MSM di ATM, berbagai top up, paket data telepon, transaksi dengan berbagai market place, informasi portofolio rekening dana-ZISWAF-pembiayaan hingga fitur khas bank syariah seperti waktu salat.

"Kemudian ada lokasi masjid terdekat, arah kiblat, juz amma, asmaul husna dan lain-lain," sebut Syahrial.

Hingga Desember 2019, Area Pekanbaru yang meliputi seluruh kota/kabupaten di Provinsi Riau dan membawahi 26 outlet, mempunyai nasabah sejumlah lebih dari 329 ribu nasabah. Adapun total asetnya sebesar Rp 3,16 triliun.

"Transformasi digital guna meningkatkan layanan dan memberi kemudahan dalam bertransaksi, berbagi dan beribadah nasabah, akan terus dilakukan," sebut Syahrial.

Simak Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.