Sukses

Permudah Tagihan Faskes, BPJS Kesehatan Gandeng Bank Syariah Mandiri

Demi memperlancar bayar tagihan faskes (klaim layanan kesehatan), BPJS Kesehatan bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri.

Liputan6.com, Jakarta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) menjalin kerjasama dengan Bank Syariah Mandiri untuk pembiayaan fasilitas program Supply Chain Financing (SCF). Program Supply Chain Financing (SCF) bisa dimanfaatkan fasilitas kesehatan (faskes) untuk pembiayaan pelayanan kesehatan.

Program ini diberikan kepada faskes mitra BPJS Kesehatan untuk membantu percepatan penerimaan pembayaran klaim pelayanan kesehatan melalui pengambilalihan invoice sebelum jatuh tempo pembayaran. Dalam hal ini, pembiayaan tagihan pelayanan kesehatan bagi rumah sakit atau faskes yang bermitra dengan BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui Bank Syariah Mandiri.

"Manfaatnya sangat terasa bagi rumah sakit atau faskes. Jadi, mereka (pihak rumah sakit atau faskes) punya opsi (pilihan) untuk pembayaran klaim pelayanan kesehatan. Mereka bisa bayar ke bank konvensional. Pilihan lain bisa juga lewat Bank Syariah (seperti Bank Syariah Mandiri)," kata Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso dalam acara “Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BPJS Kesehatan dengan Bank Syariah Mandiri tentang Supply Chain Finansing” di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat (31/8/2018).

Demi meningkatkan pelayanan soal tagihan tersebut ada penandatanganan kerjasama pembiayaan tagihan Supply Chain Financing (SCF) atau Islamic-Banking Supplier Financing (iB-SF) Mandiri Syariah bagi faskes mitra BPJS Kesehatan.

SCF atau iB-SF adalah dukungan penyediaan finansial guna mempercepat arus kas (likuiditas) serta perputaran modal faskes mitra BPJS Kesehatan. Ini berujung pembayaran klaim pelayanan kesehatan dapat lebih cepat.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan kesehatan berjalan optimal

Kemal menambahkan, adanya penandatanganan perjanjian diharapkan menjadi terobosan baru untuk meningkatkan layanan kesehatan faskes. Layanan kesehatan dapat berjalan optimal.

"Harapannya, layanan ini dirasakan masyarakat. Ketika berobat, pasien mendapatkan layanan kesehatan dengan baik. Sebelumnya, kami juga sudah bekerjasama dengan Bank Muamalat untuk fasilitas pembiayaan SCF," tambah Kemal.

Bank Mandiri Syariah telah bekerjasama dengan berbagai faskes, terdiri dari rumah sakit, klinik kesehatan, lembaga pendidikan kesehatan, dan lainnya. Kerjasama mencakup fasilitas pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja maupun cash management dengan prinsip syariah, yang didukung dengan program supply chain untuk mitra faskes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.