Sukses

Cerita Wali Kota Solo Rayu Jokowi Resmikan Stadion Manahan Secara Dadakan

Liputan6.com, Solo - Presiden Jokowi meresmikan Stadion Manahan, Solo. Peresmian secara mendadak itu atas permintaan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, lantaran pada hari tersebut juga bakal digelar pertandingan persahabatan antara Persis Solo melawan Persib Bandung.

Pantauan di Stadion Manahan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno didampingi Wali Kota Solo tampak mengecek kondisi Stadion Manahan Solo, Jumat, 14 Februari 2020. Seperti diketahui sebelumnya, pemerintah merevitalisasi stadion tersebut.

Rombongan menteri itu mengecek semua persiapan lapangan maupun bangunan stadion yang bakan diresmikan Presiden Jokowi pada Sabtu malam. Mantan Wali Kota Solo itu meresmikan stadion itu sebelum laga persahabatan antara Persis Solo dan Persis Bandung digelar.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, peresmian Stadion Manahan memang sudah lama direncanakan. Bahkan, pihaknya telah memperkirakan rencana peresmian akan digelar pada akhir bulan Februari ini.

"Rencananya peresmian akan disamakan dengan kereta bandara. Kita punya ancer-ancer akhir bulan. Tapi karena ada acara laga Persis dengan Persis Pak Wali (Wali Kota Solo) mengusulkan sekalian diresmikan," kata dia di Stadion Manahan, Solo, Jumat, 14 Februari 2020.

Stadion Manahan, kata Basuki, memang sudah lama siap untuk diresmikan. Sejak awal memang stadion kebanggaan Wong Solo itu akan diresmikan langsung oleh Presiden. Keberadaan stadion tersebut juga untuk persiapan tempat pertandingan laga Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

"Peresmian sekaligus penyerahan ke Pemerintah Kota Solo kan ini juga masih masa pemeliharaan. Tapi jangan sampai dirusak ya," harapnya.

2 dari 2 halaman

Pilih Hari Baik

Sementara itu, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengaku rencana peresmian Stadion Manahan Solo memang secara tiba-tiba dan baru disampaikan kepada Presiden Jokowi setelah menjemput kedatangannya di Solo pada hari Jumat, 14 Februari 2020.

"Secara tiba-tiba saya yang minta tadi daripada besok kalau berkenan hadir ada laga sepak bola dan nyoba lapangan. Namun, kalau berkenan lagi resmikan sekalian. Dan Pak Presiden bilang oke, besok diresmikan ya diserahkan sekalian," ucapnya.

Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudy itu menuturkan permintaan untuk meresmikan itu disampaikan kepada Presiden Jokowi mumpung yang bersangkutan sedang pulang ke Solo.

"Mumpung Beliau di sini daripada diagendakan lagi, rencana akhir bulan datang ke sini lagi nanti kota dan kabupaten lain meri (iri), mending sekalian saja," ucapnya.

Peresmian Stadion Manahan pada Sabtu, 15 Februari 2020, menurut Rudy, juga merupakan hari baik karena menurut pasaran dalam kalender Jawa bahwa besok merupakan Sabtu Legi. "Harinya besok kan baik, Sabtu Legi. Kita cari yang manis-manis dah," kata dia tertawa.

 

Simak video pilihan berikut ini: