Sukses

Liburan Akhir Tahun di Sumbar? Jangan Lupa ke Pulau Pasumpahan

Liputan6.com, Padang - Jika Anda berencana menghabiskan libur akhir tahun di Sumatera Barat, berkunjunglah ke Pulau Pasumpahan. Pulau menawan dengan pasir putih dan air laut yang biru itu perlu masuk dalam daftar destinasi wisata Anda.  

Secara administrasi, Pulau Pasumpahan berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Untuk sampai ke pulau tersebut, pengunjung bisa masuk dari Sungai Pisang, kemudian naik perahu sekitar 25 menit. Untuk menuju Sungai Pisang wisatawan hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau mengambil paket wisata yang menyediakan akomodasi dari Kota Padang.

Jika langsung ke Sungai Pisang, biaya penyeberangan dengan kapal boat tergantung jumlah rombongan dan bisa dinegosiasikan dengan pihak kapal.

Ombak yang tenang, air yang biru jernih, dan ikan-ikan cantik yang terlihat dari dermaga menyambut awak Liputan6.com saat sampai di Pulau Pasumpahan. Banyak atraksi wisata yang bisa dilakukan pengunjung saat berada di pulau cantik ini. Berikut beberapa pengalaman wisata seru yang bisa didapat saat berada di Pulau Pasumpahan. 

Main Banana Boat

Bagi wisatawan yang suka permainan air, banana boat wajib dicoba di Pulau Pasumpahan, bermain di air laut yang jernih dan biru, menambah keseruan bareng teman-teman.

Saat banana boat ditarik dengan kecepatan tinggi, sesekali pengemudi akan membelokkan kapal dengan cepat sehingga banana boat terbalik dan rombongan tercebur ke laut, jangan takut karena wisatawan akan dilengkapi pelampung sebelum permainan air ini dimulai.

 

2 dari 4 halaman

Snorkeling

Di Pulau Pasumpahan juga bisa melakukan aktivitas snorkeling. Alam bawah laut Pasumpahan tak kalah menarik. Ikan warna warni serta terumbu karangnya siap memanjakan mata.

Bagi yang tidak punya alat snorkeling bisa menyewa di Pulau Pasumpahan. Jangan lupa bawa kamera bawah laut juga karen a akan menyesal jika tidak mengabadikan momen ikan-ikan kecil yang cantik dan terumbu karang di bawah air Pulau Pasumpahan.

Bermain Ayunan

Di Pulau Pasumpahan juga ada ayunan yang bisa dijadikan spot foto instagramable. Ayunan ini sangat cocok buat bergaya foto–foto santai sambil menikmati pemandangan Pulau Pasumpahan. Berfoto di sini akan membuat koleksi foto di media sosial lebih menarik.

 

3 dari 4 halaman

Mendaki Puncak Pulau

Kemudian bagi yang menyukai tantangan, di sisi utara Pulau Pasumpahan terdapat sebuah bukit yang bisa di daki, tingginya sekitar 100 meter, namun dibutuhkan tenaga ekstra untuk mendakinya.

Medan yang harus dihadapi adalah tebing dengan kemiringan sekitar 70 derajat, setelah tebing akan ada jalur menanjak. Namun, usaha tersebut tidak akan sia-sia ketika tiba di puncak bukit ini, pemandangannya sangat menakjubkan.

Dari puncak bukit bisa disaksikan gugusan pulau dan laut biru yang tenang. Traveling di Pulau Pasumpahan akan membuat pikiran lebih segar dari rutinitas harian.

4 dari 4 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: