Sukses

Kala Sinar Matahari Pagi Jatuh di Kawasan Hutan Lindung Sermo  

 

Liputan6.com, Yogyakarta - Sedang di Kulonprogo dan bingung mau ke mana? Bekunjung ke kawasan Hutan Lindung Sermo bisa menjadi pilihan seru. Pasalnya hutan lindung ini punya pemandangan yang epik, terlebih saat pagi hari. Sinar matahari yang menyinari di balik pepohonan tinggi menjadi ciri khasnya yang unik. 

Hamid, pengunjung dari Wates mengatakan, dirinya penasaran akan keindahan Hutan Lindung Sermo yang sudah banyak dibicarakan di media sosial.

"Iya penasaran saja kesini sebelum ke Waduk Sermo. Suasananya bagus," katanya kepada Liputan6.com.

Hamid mengatakan, selain suasana pagi hari melihat pepohonan ia juga dapat menikmati suara burung yang ada di kawasan hutan ini. Menurutnya saat di lokasi inilah suasana alami terasa.

"Nah udaranya juga masih segar. Walaupun di pinggir jalan tapi ini udaranya bagus. Seger," katanya.

Hamid mengaku tahu lokasi hutan ini pertama kali dari media sosial. Banyak orang yang sudah mengambil foto di kawasan Hutan Lindung Sermo

"Ya bagus buat foto," katanya.

Hamid bahkan mengatakan, suasana Hutan Lindung Sermo tak kalah epik dengan foto-foto hutan di luar negeri. 

 

 

2 dari 3 halaman

Lokasi Spot Foto 

Sementara itu, Eko, warga sekitar mengatakan, uniknya kawasan Hutan Lindung Sermo berada di tiga desa, yaitu Desa Hargowilis, Desa Hargorejo Kecamatan Kokap, dan Desa Karangasari, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo, DIY.

"Kalau dari kota Wates Sampai di Simpang empat menuju Waduk Sermo belok kiri nanti sampai sini (kanan jalan)," katanya

Kawasan Hutan Lindung Sermo ini ada di sekitar 30 km dari Kota Yogyakarta, dan menjadi hutan produksi yang memiliki luas mencapai 181 hektare. 

"Ya pohonnya besar-besar seperti ini karena masuk hutan lindung jadi ya tidak dipotong warga," katanya.

Eko mengatakan setidaknya bagi yang mengunjungi kawasan Hutan Lindung Sermo ini bisa melihat pohon Jati, Pohon Kayu Putih, Pinus,  Akasia, dan pohon lainnya. 

"Hutan ini juga jadi tempat mahasiswa meneliti itu pohon-pohonnya  karena banyak jenisnya," katanya.

Eko mengatakan lokasi foto ini memang sering dikunjungi warga untuk berfoto. Baik dari Kulonprogo maupun dari sekitar Kulonprogo bahkan dari Jakarta.

"Ya biasanya sore, siang banyak yang datang kesini. Pagi juga banyak kesini. Siang pun banyak karena kan tidak panas juga," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading