Sukses

Cek Jadwal Perubahan Kereta di Daops 3 Cirebon pada Desember Mendatang

Liputan6.com, Cirebon - Upaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan penumpang kereta api terus dilakukan. Salah satunya dengan mengubah jadwal perjalanan mulai 1 Desember 2019 mendatang.

VP PT KAI Daops 3 Cirebon Tamsil Nurhamedi mengatakan, perubahan jadwal perjalanan kereta api sesuai dengan keputusan Menteri Perhubungan (Menhub) nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang penetapan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) tahun 2019 PT KAI.

"Penetapan Gapeka tahun 2019 ini mengganti Gapeka sebelumnya yang digunakan KAI tahun 2017," ujar dia, Kamis (14/11/2019).

Dia menyebutkan, berdasarkan data yang dihimpun, pada Gapeka tahun 2017 ada 168 perjalanan kereta api yang melintas di Daops 3 Cirebon. Sementara, pada Gapeka 2019 terdapat penambahan menjadi 191 perjalanan kereta api.

Menurutnya, penggunaan Gapeka 2019 tersebut akan berpengaruh kepada jadwal perjalanan kereta api. Termasuk waktu tempuh, perpanjangan relasi kereta api dan kedatangan kereta api baru.

"Ada sejumlah kereta api yang mengalami perubahan jadwal perjalanan ada juga kereta api baru melintas ke Daops 3 Cirebon," sebut dia.

Selain perubahan perjalanan, Daops 3 Cirebon juga meningkatkan sarana prasarana yang mendukung kenyamanan penumpang. Seperti pemasangan rel baru sepanjang 10.000 meter dari Pabuaran hingga Cikampek.

Daops 3 Cirebon juga memasang 1.000 bantalan beton pada lintasan Cirebon menuju Cikampek. Selain itu, penambahan balast sebanyak 20.373 meter kubik yang disebar ke seluruh wilayah operasi Daops 3 Cirebon.

2 dari 2 halaman

Daftar Perjalanan

"Kami juga mengganti 9 wesel baru yang terpasang di Stasiun Pabuaran, Pringkasap, Pegaden Baru, Haurgeulis, Kadokangabus, Terisi, dan Stasiun Telagasari. Kecepatan kereta juga meningkat termasuk frekuensinya," ujar dia.

Menurut dia, perubahan Gapeka tersebut dapat berdampak pada meningkatnya risiko keselamatan perjalanan kereta api mupun pengguna jalan raya. Ia mengimbau agar warga maupun pengguna jalan lebih berhati-hati melewati jalur kereta api.

"Tingkatkan kewaspadaan selain itu perubahan jadwal juga biasanya berpotensi penumpang yang ketinggalan kereta," ujar dia.

Berikut jadwal perubahan dan penambahan kereta api baru yang melintas di Daops 3 Cirebon per 1 Desember 2019:

Perubahan Jadwal

A. KA Senja Utama Solo dari Pasar Senen ke Solo Balapan, yang semula berangkat pukul 22.00 WIB. Mulai 1 Desember 2019 akan menjadi KA Fajar Utama Solo yang berangkat pada 05.50 WIB atau lebih awal 16 jam 10 menit.

B. KA Argo Bromo Anggrek dari Gambir ke Surabaya Pasarturi, yang semula berangkat pada pukul 09.30 WIB. Mulai 1 Desember 2019 akan berangkat pada 08.15 WIB atau lebih awal 75 menit.

C. KA Matarmaja dari Malang ke Pasar Senen, yang semula berangkat pada pukul 17.30 WIB. Mulai 1 Desember 2019 akan berangkat pada 09.00 WIB atau lebih awal 8 jam 30 menit.

Perpanjangan Relasi

A. KA Kaligung yang sebelumnya relasi Semarang Poncol - Brebes PP, mulai 1 Desember 2019 menjadi relasi Semarang Poncol - Cirebon Prujakan PP.

B. KA Argo Cheribon sebelumnya Tegal - Cirebon - Gambir menjadi Pemalang - Cirebon - Gambir.

Kereta Api Baru

A. Anjasmoro Ekspres relasi Jombang - Yogyakarta - Cirebon Prujakan - Pasar Senen pp.

B. Dharmawangsa Ekspres relasi Surabaya Pasar Turi - Cirebon Prujakan - Pasar Senen pp.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Kesiapan Daop 3 Cirebon Jelang Libur Natal dan Tahun Baru
Artikel Selanjutnya
Lolos Seleksi Administrasi, Pelamar CPNS Kota Cirebon Ujian Serentak Satu Lokasi