Sukses

Basarnas Kerahkan Tim Khusus Cari 3 Penyelam yang Hilang di Perairan Sangiang

Sebanyak 10 penyelam dari tim khusus Basarnas Banten diterjunkan untuk mencari tiga penyelam asal China yang hilang di perairan Pulau Sangiang.

Liputan6.com, Serang - Sebanyak 10 penyelam dari tim khusus Basarnas Banten diterjunkan untuk mencari tiga penyelam asal China yang hilang di perairan Pulau Sangiang, pada Minggu 3 November 2019 kemarin.

"Tim penyelam dari matra laut yang merupakan tim khusus Basarnas atau special grup, yang akan melakukan penyelaman untuk mencari para korban," kata Galih, Humas Basarnas Banten kepada Liputan6.com, Senin (4/11/2019).

Informasi yang diterima Liputan6.com, awalnya tujuh WNA China itu berangkat ke Pulau Sangiang dari Pantai Mabak, Kota Cilegon, pada Minggu, 3 November 2019 sekitar pukul 13.30 WIB menggunakan perahu nelayan. Kemudian mereka sampai di pulau sekitar pukul 13.45 WIB dan langsung melakukan penyelaman.

Penyelam di bagi dalam dua kelompok, kelompok pertama muncul ke permukaan laut sekitar pukul 14.45 WIB. Tim kedua sempat muncul kemudian masuk ke dalam air lagi dan tidak muncul kembali. Dugaan sementara, para turis asal China ini terseret arus bawah laut.

Kasubsie Operasionak Basarnas Banten, Hairoe Amir, melalui pesan singkatnya, Senin (4/11/2019) mengatakan, korban sempat muncul tapi karena arus sangat kuat, mereka terbawa.

"Sejak semalam gerak (melakukan pencarian) kita. Pagi ini, dari Basarnas, Polair, Lanal gerak semua," kata Hairoe. 

Hingga kini pencarian penyelam hilang masih terus dilakukan oleh tim gabungan dari Basarnas Banten, TNI AL, Polairud Polda Banten, ASDP Merak, KSOP hingga PMI. Namun hingga kini belum mendapatkan hasil.

Bahkan helikopter Basarnas yang sedang melakukan latihan di Pantai Anyer turut dikerahkan, selain juga tiga unit kapal milik TNI AL, yakni KAL Tamposo, KAL Badak, dan KSL Sangiang. Hingga KN SAR Drupada Banten milik Basarnas pun turut dikerahkan.

"Masih proses pencarian gabungan mas, sementara belum ketemu," kata Lettu (laut) Danius A Sowong, Pejabat Sementara (PJs) Perwira Staff Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Banten, Senin (4/11/2019).

Berikut daftar nama WNA Tiongkok yang hilang saat menyelam di perairan Pulau Sangiang:

1) Tan Xuz Tao (L)2) Wan Bzng Yang (L)3) Tian Yu (L)

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.