Sukses

Acara Muslim United Tetap Digelar Meski Keraton Tak Beri Izin

Acara Muslim United yang gelar 11-13 Oktober 2019 di Masjid Kauman Keraton Yogyakarta, tetap berjalan meski pihak keraton tidak memberikan izin

Yogyakarta - Acara Muslim United yang gelar 11-13 Oktober 2019 di Masjid Kauman Keraton Yogyakarta, tetap berjalan meski pihak keraton tidak memberikan izin. Forum Ukhuwah Islamiyah selaku penyelenggara tetap menjalankan agenda acara berupa expo di halaman luar Masjid Kauman dan pengajian di dalam masjid.

Raja Keraton Yogyakarta yang juga Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan, pihaknya sampai saat ini tetap tak mengizinkan penyelenggaraan acara tersebut.

"Kita yang punya rumah tak mengizinkan,” ungkap Sultan seperti dikutip dari laman KRJogja, Jumat (11/10/2019).

Terkait permasalahan lain termasuk keamanan sepanjang acara berlangsung, Sultan tak berkomentar banyak. "Kalau keamanan dan sebagainya itu kan urusan polisi," katanya.

Sebelumnya pihak kepolisian melalui Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menyatakan pihaknya belum menerima surat pemberitahuan atau permohonan perizinan atas kegiatan Muslim United tersebut. Izin kepolisian menurut Yuliyanto hanya akan turun bila memiliki dasar izin dari yang berwenang di lokasi dalam hal ini Keraton Yogyakarta sebagai pemilik tempat. 

Acara Muslim United sendiri sedianya akan mendatangkan beberapa ustaz kenamaan, mulai Abdul Somad, Hanan Attaki, Adi Hidayat, Bachtiar Nasir, Felix Siauw, hingga Syeikh Ali Jaber. Beberapa agenda yang akan dilaksanakan selama tiga hari itu antara lain Muslim Expo, Tablig Akbar, Social Activity, Food Festival, Muslim Community Gathering, dan Kids Corner.

Baca juga berita KRJogja.com lainnya di sini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.