Sukses

Waspada, Ini Daerah-Daerah Terdampak Thyphoon Filipina

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada nelayan dan operator pelayaran untuk mewaspadai Thyphoon Filipina.

Liputan6.com, Kupang - Fenomena alam Thyphoon yang terjadi di Filipina ternyata juga berdampak bagi beberapa wilayah di tanah air. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahkan mengimbau kepada nelayan dan operator pelayaran di sekitar perairan Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mewaspadai gelombang tinggi dampak dari Thypoon tersebut. 

"Wilayah-wilayah perairan laut yang perlu waspada antara lain, Laut Timor Selatan NTT, Laut Sawu, Selat Sape bagian selatan dan Selat Sumba bagian barat," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau, Ota Welly Jenni Thalo dikutip laman Antara, Senin (30/9/2019).

Dirinya mengemukakan hal itu, berkaitan dengan Tyhoon yang terjadi di Laut Filipina, dan dampaknya terhadap cuaca di wilayah NTT.

"Saat ini terdapat Typhoon MITAG 975 hPa di Laut Filipina dan pola sirkulasi eddy di Selat Karimata," ujar dia.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Timur Laut-Tenggara dengan kecepatan 4-15 knot, sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 4-25 Knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Barat, perairan selatan Kalimantan, Laut Jawa, Selat Makassar bagian selatan, perairan Kupang, Laut Arafuru, dan Perairan Merauke.

"Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut," katanya.

Dia mengharapkan adanya perhatian terhadap risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

"Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, agar tetap selalu waspada," katanya menambahkan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.