Sukses

Dugaan Penyebab Tewasnya Pendaki Gunung Sibayak Saat Berada di Puncak

Sebelum meninggal korban sempat kejang-kejang di puncak Gunung Sibayak, sekitar pukul 07.00 WIB.

Liputan6.com, Karo - Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Karo, Sumatera Utara, Natanail Perangin-angin menduga pendaki, Reza (28), meninggal karena mengalami sakit asam lambung saat berada di puncak Gunung Sibayak, Minggu (22/9/2019).

"Teman-teman korban juga menyebutkan memang Reza sudah lama mengeluhkan sakit asam lambung," kata Natanail saat dihubungi dari Medan, Minggu, 22 September 2019, dilansir Antara.

Bahkan, menurut dia, informasi yang diterima bahwa korban sewaktu mendaki Gunung Sibayak tidak makan nasi, melainkan hanya minum kopi.

"Faktor lain dugaan kita mungkin meninggal karena kedinginan di atas puncak Gunung Sibayak, yang kalau malam hari suhu di atas bisa mencapai 15 Celsius," ujar Natanail.

Seperti diketahui, seorang pendaki meninggal saat berada di puncak Gunung Sibayak, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (22/9/2019). Korban bernama Reza (28), warga Jalan Sei Mencirim, Kabupaten Deliserdang.

Berdasarkan keterangan Humas Kantor SAR Medan Sariman S Sitorus, sebelum meninggal korban sempat kejang-kejang di puncak Gunung Sibayak, sekitar pukul 07.00 WIB.

Mendapat laporan itu, tim Kantor SAR Medan mengirimkan anggota untuk melakukan proses evakuasi. Di lokasi, tim SAR gabungan yang terdiri atas berbagai unsur termasuk Polri, pihak kehutanan, dan masyarakat segera mengevakuasi korban.

Selanjutnya korban dibawa ke Rumah Sakit Umum (RSU) Amanda di Berastagi sekitar pukul 13.00 WIB.

"Sesampainya di rumah sakit, dokter langsung memeriksa keadaan korban dan dokter menyatakan korban telah meninggal dunia. Selanjutnya jenazah korban diserahkan kepada keluarga," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.