Sukses

Kabar Duka dari Pendaki Gunung Sibayak saat Tiba di Puncak

Kurang lebih pukul 07.00 WIB, Reza dilaporkan kejang-kejang dan tidak sadarkan diri.

Liputan6.com, Karo - Seorang pendaki Gunung Sibayak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) meninggal dunia. Pendaki itu diketahui atas nama Reza Fauzi. Dia meninggal saat berada di puncak Gunung Sibayak diduga karena sakit.

Pria berusia 28 tahun itu merupakan warga Jalan Sei Mencirim, Medan Krio, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, Sumut.

Reza mendaki Gunung Sibayak bersama tiga orang rekannya, Raka, Wanda, dan Jamal. Mereka berada di Gunung Sibayak untuk berwisata.

Humas Kantor SAR Medan, Sariman Sitorus mengatakan, bahwa keempat pemuda tersebut mulai mendaki Gunung Sibayak dengan ketinggian 2.212 Meter Dari Permukaan Laut (MDPL) pada Minggu, 22 September 2019, sekitar pukul 01.30 WIB.

"Kurang lebih pukul 07.00 WIB, Reza dilaporkan kejang-kejang dan tidak sadarkan diri," kata Sariman.

Berdasarkan pengakuan teman-temannya, korban atas nama Reza belum makan sejak mereka berangkat dari Medan hingga tiba di gunung Sibayak. Sehingga dugaan sementara korban mengalami sakit asam lambung hingga meninggal dunia.

Saat melihat Reza sakit, teman-temannya langsung mengabarkan ke tim SAR yang ada di Medan. Selanjutnya tim dari Basarnas, Polres Tanah Karo, Koramil Simpang Empat, Polisi Kehutanan, Ranger Sibayak, dan masyarakat langsung menuju lokasi.

"Tim gabungan berhasil mengevakuasi Reza dari puncak Gunung Sibayak sekitar pukul 13.00 WIB," terang Sariman.

Setelah dievakuasi, jasad Reza langsung dibawa ke Rumah Sakit Amanda yang berada di Kota Berastagi. Dokter sempat memeriksa keadaan Reza, dan menyatakan telah meninggal dunia.

"Jasad korban pendaki itu kemudian diserahkan kepada keluarganya yang sudah tiba di Rumah Sakit Amanda. Keluarga kemudian membawanya ke rumah duka untuk disemayamkan," kata Sariman.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.