Sukses

Penjelasan Ilmiah soal Warna-Warni Bola Mata Amelia Anggraeni

Liputan6.com, Bandung - Bocah asal Bandung, Jawa Barat, Amelia Anggraeni menjadi perbincangan hangat. Hal itu lantaran balita berusia 2 tahun 5 bulan tersebut memiliki sepasang bola mata yang unik, bisa berubah warna putih, coklat, abu-abu, dan biru.

Anak perempuan dari pasangan Hendra Kuswandi (30) dan Reni Nuryani (32) beralamat di Kampung Sukamanah II, Kelurahan Wates, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung.

Sepintas tidak ada perbedaan antara Amelia dan anak-anak lainnya. Namun saat diperhatikan, bola mata Amel memiliki warna yang cukup mencolok, serta dapat berubah-ubah. Selain hitam, bola mata bocah yang ceria dan cukup aktif itu dapat berubah menjadi, coklat, abu-abu, dan biru.

Dokter dari Puskesmas Pasawahan, Meilinda Harahap mengatakan, perubahan warna bola mata Amelia dalam istilah kesehatan disebut dengan Heterochromia iridis. Kondisi ini terjadi ketika bagian berwarna pada iris berwarna-warni.

"Dari sisi medis sebenarnya tidak ada kelainan, hanya warna iris matanya saja yang berbeda-beda. Untuk Amelia ini sejak awal lahir, irisnya berwarna putih, selang 2-3 bulan kemudian abu-abu lalu biru dan sekarang ada coklat dan hitam," kata Meilinda ditemui Liputan6.com, Sabtu (8/9/2019).

Meilinda juga menjelaskan bahwa tidak ada efek samping yang dirasakan si pasien. "Penglihatan normal, jadi aktivitasnya biasa tidak terganggu," ujarnya.

Dia menjelaskan, perubahan iris mata Amelia terjadi karena faktor melanin. Dalam cuaca yang terang, bola mata Amelia akan terlihat berwarna kebiruan.

"Kalau bule (bermata biru) itu karena pengaruh iklim dan makanan, mereka suka makanan mentah. Kalau untuk Amelia bisa jadi pengaruh makanan dari orang tua sewaktu hamil dulu cuma pengaruhnya kecil," ujarnya.

Sementara, dokter spesialis mata Rumah Sakit Mata Cicendo, Mayasari Wahyu menyebutkan, perubahan mata Amelia Anggraeni karena efek tyndall, yakni adanya sinar yang masuk ke dalam iris atau selaput pelangi pada mata seseorang dan memantulkan warna dari iris.

"Jadi perubahan warna mata tergantung pada tingkat cahaya yang masuk ke dalam iris mata. Sehingga pada jam-jam tertentu warna mata Amelia kerap berubah-ubah," ujarnya.

Selain faktor tyndall, perubahan warna Amelia terjadi karena adanya transiluminasi iris. "Ini acapkali terjadi pada beberapa anak yang pigmen melaminnya sangat kurang, maka berwarnanya akan transparan," katanya.

Mayasari juga menyebutkan, penyebab rambut Amelia yang juga acapkali berubah-ubah warna juga disebabkan hal yang sama. Di mana rambut Amelia kadang hitam kadang pirang.

Simak video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mawang Bakal Bikin Lagu Kasih Sayang kepada Persib, Seperti Apa?
Artikel Selanjutnya
Tingkatkan Kualitas, Pengajar Sepak Bola Indonesia Berguru dengan Pelatih AS