Sukses

Blak-blakan soal Sosok Minke dalam 'Bumi Manusia' Bersama Adik Pramoedya Ananta Toer

Liputan6.com, Blora - Tokoh Minke dalam novel legendaris 'Bumi Manusia' karya Pramoedya Ananta Toer itu mengacu pada sosok Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo. Seorang tokoh pers dan tokoh Kebangkitan Nasional Indonesia yang lahir di Bumi Blora pada tahun 1880 Masehi dan wafat pada 1918 Masehi.

Sosok Minke dalam Bumi Manusia diungkap oleh Soesilo Toer, yang tidak lain adalah adik kandung dari penulis novel Pramoedya Ananta Toer.

Kepada Liputan6.com, Pak Soes sapaan akrab Soesilo Toer, menyebut Minke adalah nama ejekan yang diterima Tirto Adhi Soerjo ketika orang-orang Belanda menjajah Indonesia.

"Ceritanya Minke itu adalah panggilan ejekan saja. Minke itu dari kata monkey yang artinya monyet. Saya tahu itu karena saya sendiri waktu di luar negeri, orang-orang juga ngejek saya 'hitam kamu, negro kamu," ungkap laki-laki tua itu ketika dikunjungi di kediamannya, Sabtu 10 Agustus 2019.

Rupanya, Pak Soes sudah mendengar kabar bahwa novel 'Bumi Manusia' akan ditayangkan di bioskop tanah air menjelang hari kemerdekaan ke-74 RI. Ia pun angkat bicara, mengapa tokoh sutradara film tesebut tak mengajaknya menonton film itu.

"Saya kira mau diundang nonton bareng-bareng. Di Blora kan tidak ada bioskop," canda Pak Soes.

 

2 dari 2 halaman

Minke dalam Layar Lebar

Membahas nama Minke, ketika Pak Soes dimintai pendapat, layak kah tokoh Minke diperankan oleh Iqbaal Ramadhan dalam film bakal tayang?

Pak Soes menilai peran pemain film yang menjadi Minke tersebut itu jauh dari kata "pas". Mengingat tokoh itu adalah Tirto Adhi Soerjo yang luas pengetahuannya pada masa itu.

"Jelas tidak pas. Minke pemerannya itu siapa? Apa bisa seperti Tirto Adhi Soerjo?," tanya sang doktor.

Sambil menunjukkan karya-karya Pramoedya dan karya-karya Pak Soes sendiri, ia pun menunjukkan buku novel 'Bumi Manusia' edisi cetakan yang berbeda-beda.

Kepada Liputan6.com, Pak Soes mengajak ke kamarnya sang istri, tempat di mana karya novel 'Bumi Manusia' Pramoedya yang masih tersimpan di Perpustakaan Pataba.

"Ini cetakannya berbeda-beda, ini yang paling lawas. Sudah agak usang, biasanya kolektor nyarinya karya Pram yang lawas," kata Pak Soes.

Diketahui, Film 'Bumi Manusia' karya novel sang Maestro asli Blora, Jawa Tengah, Pramoedya Ananta Toer akan tayang pada tanggal 15 Agustus 2019. Peran-peran dalam tokoh-tokoh pada buku ini dimainkan oleh artis-artis Tanah Air.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Pram, Penulis Bumi Manusia yang Hidup di Terali Besi Tiga Rezim
Artikel Selanjutnya
Baru Tayang, Intip 4 Fakta Menarik Film Perburuan