Sukses

Gunung Ciremai Terbakar, TNGC Buka Layanan Pengembalian Uang Pendaftaran Pendakian

Liputan6.com, Kuningan - Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) Kabupaten Kuningan Jawa Barat masih menutup jalur pendakian akibat kebakaran yang melanda kawasan puncak Gunung Ciremai.

Dalam surat edaran yang tersebar, TNGC menyatakan siap mengembalikan uang pendaftaran yang sudah dibayarkan pendaki melalui sistem online. Penyuluh Kehutanan TNGC Kuningan Jawa Barat Nisa mengatakan, mekanisme pengembalian sangat mudah.

"Pendaki yang sudah mendaftar tinggal hubungi nomor kontak WA pengelola pendaftaran online dengan melampirkan bukti transfer saat booking online," ujar dia, Jumat (9/8/2019).

Nisa mengaku, peringatan hari kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus umumnya menjadi momen oleh sebagian warga mendaki gunung. Ribuan pendaki memadati Gunung Ciremai mulai tanggal 15 Agustus 2019.

Dia menyebutkan, hingga saat ini baru sekitar 300 orang mendaftarkan diri melalui online untuk mendaki pada momen 17 Agustus 2019. Para pendaki Gunung Ciremai rata-rata melakukan pendaftaran online pada bulan Juli.

"Di Jalur Palutungan 200 orang dan jalur Linggarjati 150 orang itu data belum valid semua ya karena jalur Apuy dan Linggasana kami belum dapat laporan dari pengelolanya," ujar dia.

 

2 dari 2 halaman

Berharap Padam

Hingga saat ini, jumlah pendaki Gunung Ciremai yang meminta pengembalian pendaftaran tiket masih sedikit.

"Belum banyak tidak tahu kenapa tapi kami pastikan diproses walaupun baru sedikit," kata dia.

Nisa mengaku belum mengetahui alasan pendaki tidak segera meminta pengembalian uang pendaftaran. Padahal, TNGC menutup seluruh jalur pendakian hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Mungkin para pendaki berharap api sudah padam sebelum momen 17 Agustus tiba. Tapi kan tetap kami juga punya prosedur," kata dia.

Kendati demikian, Nisa mengaku akan memberi waktu hingga akhir Agustus untuk mengurus pengembalian tiket. Pihak TNGC siap mengonfirmasi pendaki untuk dibantu mengurus pengembalian tiket.

Pada kesempatan tersebut, Nisa mengaku sistem pendaftaran pendakian melalui online masih belum bekerja maksimal. Pengelola baru memanfaatkan pesan digital Whatsapp sebagai sarana mengoordinasi pendaftaran online.

Oleh karena itu, dia memaklumi jika masih ada pendaki yang mendaftar langsung di posko pendaftaran masing-masing jalur pendakian Gunung Ciremai.

"Uji coba infrastruktur sarana prasarananya belum maksimal juga tapi kami targetkan tahun ini," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Keabadian Edelweis Gunung Ciremai yang Terancam Pupus Dilalap Api
Artikel Selanjutnya
5 Hal tentang Kebakaran Gunung Ciremai