Sukses

Mengenal Kuliner Utama Dayak Sebelum Ibu Kota Pindah Kalimantan

Liputan6.com, Kalimantan - Sebelum ibu kota benar-benar dipindah ke Kalimantan, mengenali kuliner khas Dayak bisa menjadi alternatif mengenali calon ibu kota. Dengan masih banyaknya hutan, membuat kuliner Dayak sangat kaya dengan aneka vegetasi hijau.

Masyarakat Dayak sangat jago mengolah aneka sayuran. Dan kepiawaian warga Dayak dalam mengolah makanan ini akhirnya diadaptasi oleh para pendatang dan menjadi menu harian.

Apa saja?

1. Juhu umbut rotan dari rotan muda

Juhu umbut rotan, olahan sayur khas Kalimantan Timur ini memiliki tekstur serupa sayur rebung. Bahan dasarnya adalah rotan muda sehingga tak mengherankan jika mirip rebung atau bambu muda.

Tekstur olahan ini lebih lembut dari rebung dan berasal umbut. Umbut adalah istilah untuk menyebut tunas tanaman rotan muda. Sebelum tunas rotan ini dimasak, duri-duri pada batang rotan dibuang terlebih dahulu.

Umbut diolah bersama aneka rempah. Yang paling dominan adalah kunyit dan santan kental. Jadinya, rasa didominasi gurih dan manis. Olahan umbut ini akan menemukan chemistry ketika disantap bersama ayam goreng, ikan patin bakar, dengan pelengkap sambal serai dan sayur terong.

Adaptasi masyarakat Kalimantan terhadap kuliner Dayak juga menghasilkan kreatifitas lain. Mereka seringkali menyantap juhu umbut bersama manday. Manday adalah olahan kulit cempedak.

Juhu umbut rotan adalah resep kuliner warisan leluhur Suku Dayak. Leluhur suku Dayak sangat akrab dengan lingkungannya, sehingga bisa memilih rotan muda dan mengolahnya menjadi aneka olahan kuliner.

2. Tumis kelakai

Tumis kelakai. (foto : Liputan6.com/linda/edhie prayitno ige)

Kelakai adalah tanaman sejenis pakis. Tepatnya masuk keluarga paku-pakuan. Bahan masakan ini mudah ditemukan tumbuh di sepanjang rawa Kalimantan. Oleh masyarakat setempat, kelakai kerap diolah menjadi bahan tumisan maupun sup. Cita rasanya yang gurih, teman santap yang sempurna bersama nasi hangat dan aneka lauk.

3. Kalumpe

Menggunakan bahan utama daun singkong, olahan sayur khas Kalimantan Tengah ini kian sedap disantap bersama ikan asin dan nasi hangat. Makanan tradisional khas suku Dayak ini juga kerap disajikan bersama terong pipit.

4. Juhu kujang

Bersama kelindan daging ikan, santan kelapa dan nangka muda, kuliner berbahan utama keladi ini merupakan salah satu olahan sayur favorit masyarakat Kalimantan Tengah. (erlinda puspita wardani ~ kontributor liputan6.com)

Simak video pilihan berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sawit dan Batu Bara Membuat Ekonomi Kalimantan Mandek
Artikel Selanjutnya
Melacak Orangutan diĀ  Hutan Kendawangan Kalimantan