Sukses

Suasana Turki dan Aroma Kurma di Masjid Roudhotul Muchlisin Jember

Liputan6.com, Jember - Masjid Roudhotul Muchlisin di Kabupaten Jember, Jawa Timur, menjadi ikon wisata religi selama Ramadan. Banyak warga luar daerah yang singgah untuk beribadah sambil menikmati keindahan masjid. Baik menjelang waktu berbuka puasa maupun malam hari saat shalat tarawih.

"Masjid Roudhatul Muchlisin sangat unik, karena di dalam bangunan masjid banyak hiasan tulisan kaligrafi dan mahkota seperti masjid di Madinah, namun secara keseluruhan bangunan masjid ini seperti masjid di negara Turki," kata Takmir Masjid Roudhatul Muchlisin Samsul Arifin ditemui di Jember.

Ia mengaku senang banyak warga yang berbondong-bondong melaksanakan ibadah shalat di masjid yang berada di Jalan Gajahmada, Jember, selama Ramadhan, baik warga setempat maupun warga luar daerah yang kebetulan singgah di Jember.

"Kami berharap masjid Roudhatul Muchlisin dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk syiar agama dan menjadi salah satu wisata religi untuk wisatawan luar daerah yang berkunjung di Kabupaten Jember," tuturnya dilansir Antara, Minggu 12 Mei 2019.

Selama Ramadhan 1440 Hijriah, lanjut dia, banyak kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di Masjid Roudhotul Muchlisin, seperti tadarus dan kajian keagamaan. Pihak pengelola masjid juga menyediakan makan sahur dan buka puasa untuk masyarakat yang singgah di masjid tersebut.

Masjid yang memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi itu diresmikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif KH Ma'ruf Amin pada 15 Mei 2017.

Warna masjid yang didominasi kuning dan jingga tersebut semakin artistik dengan pilarnya yang dihiasi ornamen indah berwarna keemasan layaknya sebuah istana. Banyaknya hiasan kaligrafi yang terukir di sejumlah interior masjid semakin menambah keindahan masjid bergaya Turki tersebut.

2 dari 2 halaman

Pohon Kurma di Halaman Masjid

Halaman masjid juga dipenuhi pohon kurma yang ditanam pihak yayasan masjid dan sebagian pohon tersebut juga sudah berbuah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk merasakan sensasi beribadah seperti di Timur Tengah.

Tidak hanya itu, di depan pintu masuk masjid juga terdapat air mancur berhiaskan lampu warna-warni, sehingga suasana masjid semakin memesona pada malam hari. Banyak pengunjung yang berswafoto sebelum meninggalkan Masjid Roudlotul Muchlisin.

Tiara, salah seorang warga Jember yang mengunjungi Masjid Roudhatul Muchlisin, mengaku senang bisa menjalankan ibadah Shalat Tarawih di masjid tersebut, karena merupakan masjid paling megah dan indah di Kabupaten Jember.

"Ornamen bangunan masjid cukup artistik dengan tulisan kaligrafi di beberapa sudut ruangan masjid semakin membuat nyaman kami menjalankan ibadah di sini karena serasa beribadah di Timur Tengah," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Cara Unik agar Sandal Jepit Tak Hilang Saat Tarawih, Nyeleneh tapi Bisa Dicoba
Artikel Selanjutnya
Mencari Kesejukan Lantai Masjid Agung Baiturrahim Gorontalo Saat Ramadan