Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Pagi-Pagi Pesta Buah di Lembah Tretes Kediri

Liputan6.com, Kediri - Sekitar 2 ribu varietas tanaman dan 60 jenis buah terhampar di kawasan seluas 1 hektar lebih di lembah Tretes Keluruhan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Karena lokasinya berada di bawah sumber mata air Tretes dan di sekitaran lembah, maka pemilik usaha Arya Prasetya memberi nama Agro Lembah Tretes Kediri. Jarak sumber mata air Tretes dengan lokasi Argo Lembah Tretes terpaut dua kilo meter.

"Di sini, ada sekitar 2 ribu tanaman dan 60 jenis buah mas, pengunjung masuk disini gratis," tutur pria berusia lima puluh tujuh tahun ini, Kamis (17/01/2019).

Lokasinya yang asri di kawasan hutan lereng kaki Gunung Klotok tentunya menghadirkan pemandangan perkebunan yang dikelilingi banyak pohon tinggi menjulang. Lokasi seperti itu tentunya menarik minat pengunjung untuk datang ke sini.

Jika pada hari biasa, pengunjung yang datang kebanyakan berasal dari sekitaran warga Kota Kediri. Mereka sekedar singgah untuk melepas penat dari rutinitas kerja sehari - hari.

Di area lembah tersebut pun ada sebuah warung kebun. Uniknya, di sini tidak hanya sekedar menikmati makan dan minum. Pengunjung juga bisa membeli buah - buahan dengan cara memetik secara langsung dari pohonnya.

Buah yang dijual di antaranya Lemon, Pepaya California, Jambu, Jeruk serta yang lainya. Buah-buahan tersebut dijual dengan harga bervariatif.

"Memang sejak dulu saya memiliki cita-cita kepingin memiliki kebun. Di sini juga jaraknya sangat dekat dengan perkotaan," kata Arya.

Ia berharap kelak jika semua pengerjaan pembangunan Agro Lembah Tretes selesai bisa dijadikan referensi untuk singgah berkuliner sambil berwisata mengenal ribuan jenis tanaman dan buah - buahan. "Nggak perlu pergi jauh - jauh lagi ke Malang, cukup di Kediri saja," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Surga Kuliner

Lokasi Agro Lembah Tretes Kediri, sangat dekat dengan dua lokasi objek wisata yakni Goa Selomangkleng dan view 138. Pengunjung yang datang ke Agro Lembah Tretes Kediri tidak hanya seputaran dari lokalan Kediri melainkan terkadang juga ditemui dari luar kota seperti Surabaya, Nganjuk dan Jombang.

"Terutama pada hari minggu, di sini selalu ramai pengunjung," ujarnya.

Andi Kurniawan salah satu pengunjung asal kota Kediri, mengaku baru pertama kali ini singgah di warung kebun Agro Lembah Tretes Kediri.

Menurutnya, tempat ini sangat sejuk cocok digunakan untuk nongkrong bersama kolega. Ia datang kesini tidak sendirian melainkan bersama empat temanya yang lain.

"Saya tahu tempat ini dari teman, recomanded lah tempatnya," kata pria bertubuh tambun ini.

Kuliner warung kebun, Argo Lembah Tretes Kediri memiliki kuliner unggulan. Diantaranya nasi Goreng Jawa. Nasi goreng jawa yang dijual memiliki citra rasa khas terutama pada cara penyajianya.

Jika pada umumnya nasi goreng ditaruh di atas piring, namun untuk nasi goreng yang dijual di sini menggunakn daun pohon jati. Daun Jati dijadikan alas ditaruh diatas piring yang terbut dari rotan. Daun pohon jati yang dijadikan alas, diyakini memiliki fungsi untuk menyerap minyak yang ada di nasi goreng sehingga semakin sedap di lidah.

"Daun jati kita ambil disekitaran wilayah hutan sini, fungsinya untuk menyerap minyak yang ada di dalam kandungan nasi goreng," kata Badrus salah satu karyawan.

Di dalam nasi goreng jawa tersebut ada irisan daging ayam, telur serta krupuk udang sebagai pelengkap. Harganya standar Rp 12 ribu. Selain makanan di warung kebun juga tersedia minuman aneka macam jus buah yang harganya ringan dikantong cukup menyisikan uang Rp 7 ribu.

Disini pengunjung juga bisa berselancar di dunia maya, dengan memanfaatkan fasilita WIFI yang sudah tersedia. Warung kebun dan kebun buah Argo Lembah Tretes Kediri mulai buka sejak pukul 7 pagi hingga tutup pukul 5 sore.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kesegaran Udara Pagi di Hamparan Kebun Teh Kayu Aro Kerinci Jambi
Artikel Selanjutnya
Terbius Keindahan Pagi Air Terjun Madakaripura