Sukses

Menanti Hiu Paus, Tamu Pembawa Berkah di Pantai Botubarani Gorontalo

Liputan6.com, Gorontalo - Hius paus yang biasa bermukim di Pantai Botubarani Gorontalo pergi meninggalkan kesan mendalam di hati para nelayan dan warga. Entah kemana perginya, tiga ekor hiu paus tersebut hilang tanpa ada tanda-tanda yang jelas, ibarat seperti manusia pergi tanpa permisi. Kepergian gerobolan ikan bernama latin Rhyncodon typus ini menjadi kerinduan tersendiri bagi masyarakat sekitar pantai Botubarani

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Pantai Botubarani yang terletak di Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango sebelumnya ramai wisatawan dari pagi hingga sore hari, namun kali ini terlihat sunyi senyap bagai tak perpenghuni.

Seluruh perahu yang biasaanya digunakan pengunjung untuk menyapa segerombolan hiu paus itu terlihat berjajar rapi di tepian pantai, beberapa nelayan duduk termenung dengan posisi memandang lautan lepas, berharap segerombolan hiu itu kembali bermain bersama mereka dan pengunjung wisata Hiu Paus.

Menurut Olis Latif, salah seorang nelayan setempat, kemunculan segerombolan hiu paus ini tidak bisa diprediksi berapa lama mereka akan kembali dan berapa lama pula ikan itu menetap di Pantai Botubarani. Keberadaannya kerap menjadi misteri. Terkadang ikan-ikan ini dan menetap laman di sekitar pantai, namun tiba-tiba bisa saja pergi entah kemana

"Kami yakin mereka akan kembali karena setiap tahun itu pasi mereka datang dan menetap lagi di sini untuk beberapa bulan," ujar Olis.

 

2 dari 2 halaman

Pembawa Berkah

Olis menceritakan, kawanan hiu paus itu oleh warga dan nelayan sekitar sudah dianggap sebagai hewan peliharaan. Bahkan warga kerap memberikan makanan untuk kawanan hius paus ini. 

"Kalau ada hiu paus pendapatan kami bisa dua kali, siang malam. Malam kami melaut, siang kami bawa wisatawan pakai perahu lihat hiu paus," ungkap Olis. 

Olis dan nelayan Pantai Botubarani berharap, kawanan hiu paus kembali datang. Sebab kedatangannya menjadi pertanda bagi keberkahan masyarakat Gorontalo khususnya warga yang ada di sekitaran Pantai Botubarani.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Sambut Baasyir, Ponpes Ngruki Mulai Berbenah

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Selamat Pagi Cinta dari Pulocinta
Artikel Selanjutnya
Presiden Joko Widodo Bakal Hadiri Hari Kemerdekaan Gorontalo