Sukses

BPBD Jabar Kerahkan Bantuan ke Lokasi Longsor Sukabumi

Liputan6.com, Bandung - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mengerahkan bantuan anggota tambahan untuk evakuasi dan logistik ke lokasi longsor di Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Satu tim dan logistik berupa 50 dus mi instan dan 50 dus air mineral telah dikirimkan ke lokasi longsor.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Eko Damayanto selain makanan serta minuman, sebanyak 20 kantong mayat dan karung berkapasitas 25-50 kilogram masing-masing 1.000 lembar turut serta dikirimkan.

Eko menuturkan satu set tenda pengungsi dibawa ke Sukabumi malam tadi bersama tim dan logistik berupa alat evakuasi dikerahkan untuk membantu tim SAR gabungan.

"Perkembangan terakhir dilapangan belum dapat update terakhir nya siang ini, masih terkendala oleh jaringan di lokasi dengan tim," kata Eko di Bandung, Selasa (1/1/2018).

Eko menuturkan informasi terakhir yang diterima olehnya, sebanyak 30 unit rumah tertimbun, 107 Jiwa korban terdampak, dua orang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, empat orang luka-luka, 60 orang selamat, dan 41 orang belum ditemukan. Eko mengaku pendataan masih dilakukan untuk memastikan jumlah korban dan rumah yang tertimbun material longsoran.

Upaya yang telah dilakukan hingga saat ini oleh BPBD Provinsi Jawa Barat yaitu melakukan koordinasi dan pendampingan dengan BPBD Kabupaten Sukabumi. Peninjauan langsung ke lokasi kejadian longsor terus dilakukan oleh BPBD Kabupaten Sukabumi, TNI, Polri, Basarnas, aparat setempat, relawan dan masyarakat sekitar.

"Untuk tim bantuan yang dikirim BPBD Jawa Barat berjumlah sembilan orang. Sedangkan tim tambahan kedua sebanyak tujuh orang yang bertugas menyiapkan dapur umum dan posko," ujar Eko.

Pada hari Senin, Tanggal 31 Desember 2018 Pukul 17.30 WIB telah terjadi kejadian bencana tanah longsor di Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Cisolok, Desa Sirnaresmi, Kampung Cimapag Sigaherong di titik koordinat -6.942519, 107.028499 akibat hujan deras dikawasan tersebut yang mengguyur selama setengah jam dengan data kerapatan curah hujan 1,67 mm bersumber dari AWS.

Simak juga video pilihan berikut ini: