Sukses

Bupati Kampar Aziz Zaenal Tutup Usia, Ini Pesan Terakhirnya

Hanya setahun menjalankan aktivitas sebagai bupati Kampar di lapangan, Aziz Zaenal harus menghabiskan waktunya keluar masuk rumah sakit karena penyakit komplikasi yang dideritanya.

Liputan6.com, Kampar - Kabar duka menyelimuti masyarakat Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Kampar. Orang nomor satu di negeri Serambi Makkah Bumi Lancang Kuning itu, Aziz Zaenal, tutup usia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Kamis (27/12/2018) sekitar pukul 01.30 WIB.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan ini, sejak dilantik 22 Mei 2017, hanya setahun menjalankan aktivitas sebagai Bupati Kampar di lapangan. Sisanya, mantan anggota DPRD Riau itu harus keluar masuk rumah sakit karena penyakit komplikasi yang dideritanya.

Sebelum meninggal, pasangan dari Catur Sugeng ketika maju di pilkada serentak pada tahun 2017 itu sempat mengunggah pesan melalui media sosial Instagram. Dia menyebut lagi observasi di RSCM ditemani dokter dan sejumlah perawat.

"Mendapatkan perawatan istimewa dari dokter dan perawat di belakang yang cantik. Selama saya beristirahat semoga daerah (Kampar) tetap maju, dan semua progam sudah saya jalankan," kata Aziz dalam video berdurasi 59 detik itu.

"Sudah diperintahkan ke Sekda dan Kadis jangan ada program, apalagi program prioritas di Kabupaten Kampar tidak dijalankan. Saya kira itu, mudah-mudahan kita segera bertemu," sambung Aziz.

Sebelumnya, kabar duka ini tersebar di berbagai media sosial mulai dari grup WhatsApp hingga ke Facebook. Hal serupa juga diunggah oleh akun Facebook Kehumasan Setda Kampar.

"Innalillahi wainnailaihirojiun, telah berpulang kerahmatullah Bapak Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM di Jakarta dinihari Kamis 27 Desember 2018. Semoga almarhum husnul khotimah. Amin ya Rabbal Alamin," tulis admin akun tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapan Belasungkawa

Ucapan belasungkawa berseliweran menanggapi kabar duka ini. Salah satunya disampaikan oleh Wali Kota Pekanbaru Firdaus.

Dalam akun Facebook bernama Firdaus Fir, dia menulis "Assalamualaikum wr wb Innaalillahi wainnailaihiroojiuunAtas nama Pribadi, keluarga, dan atas nama Pemerintah dan masyarakat Kota Pekanbaru ... kami menyampaikan ikut berduka cita yg sgt dlm atas berpulangnya ke Rahmatullaah sahabat kita H Aziz Zainal Bupati Kampar.. Semoga Almarhum Husnul Khotimah dan mndpt terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin YRA".

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kampar Ariszon dikonfirmasi menyebut jenazah Aziz akan diterbangkan dari Jakarta pukul 10.20 WIB.

"Saat ini masih di rumahnya di Jakarta," sebut Ariszon.

Setelah diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, jenazah Aziz akan disemayamkan dahulu di rumahnya di Jalan Punai, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru.

"Dan akan diselenggarakan upacara persemayaman," katanya, Kamis pagi.

Selanjutnya dari Pekanbaru, Bupati Aziz akan dibawa ke Masjid Kuapan Danau Bikuang, Kecamatan Tambang, Kampar, Riau. Di sana Bupati Aziz akan disalatkan.

"Dari mesjid, almarhum diberangkatkan ke pemakaman Desa Kuapan Danau Bikuang dan diselengarakan upacara pemakaman," sebutnya.

Sebagai informasi, Bupati Aziz tutup usia saat berumur 68 tahun. Ia lahir di Koto Perambahan/Tambang pada 15 Oktober 1950 silam. Ia baru menjabat sebagai orang nomor satu di Kampar sejak 22 Mei 2017 lalu bersama wakilnya Catur Sugeng.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.