Sukses

Prediksi Korlantas soal Puncak Arus Mudik Libur Natal 2018

Liputan6.com, Brebes - Puncak arus mudik libur Natal dan Tahun Baru 2019 diprediksi akan terjadi pada tanggal 21 dan 22 Desember 2018. Hal ini diungkapkan Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri mengatakan saat mengecek kesiapan jalur Jakarta-Semarang menjelang musim liburan akhir tahun.

"Ya, kami prediksi puncak mudik Natal dan Tahun Baru, 21 dan 22 Desember," ucap Refdi Andri usai rapat koordinasi di area Gerbang Tol Brebes Timur (Brexit).

Kemudian untuk arus balik, lanjut dia, diprediksi terjadi dua kali yakni pada 26 Desember dan 1 Januari 2019.

"Jadi kami berharap tanggal 1 dan 2 masyarakat sudah kembali dan arus lalu lintas normal kembali," ungkap Refdi.

Jajaran Korlantas, kata dia, akan mulai melakukan operasi kesiapan pada 21 Desember mendatang. Sedangkan untuk jumlah kendaraan yang akan melintas di jalan tol Trans Jawa, ia memperkirakan ada 90.000 kendaraan yang akan melintas selama puncak mudik dan balik libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Menurut dia, peningkatan kendaraan yang melintas tidak terlalu banyak dibandingkan mudik Lebaran.

"Pada hari biasa, ada sekitar 70.000 kendaraan yang melintas," kata Refdi.

Kemudian terkait sarana dan prasarana jalan saat ini kondisi sudah lebih baik. Sehingga tidak ada yang dikhawatirkan.

"Ada yang lebih penting dibandingkan isu kemacetan, yakni keselamatan. Personel polisi diharapkan mampu memberikan pemahaman agar pengemudi tidak memburu kecepatan dan mengejar waktu," unkap Refdi menambahkan.

Setelah dari Brexit, mantan Karo Provos Divisi Propam Polri itu juga akan mengecek kesiapan jalur tol Trans Jawa hingga Surabaya, Jawa Timur.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading