Sukses

Presiden Joko Widodo akan Terima Gelar dari Lembaga Adat Melayu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menerima gelar adat dari Lembaga Adat Melayu (LAM) saat berkunjung ke Riau.

Riau - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan untuk menerima gelar adat dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau pada Sabtu 15 Desember 2018 besok.

Ketua Majelis Kerapatan Adat LAM Riau, Raja Marjohan Yusuf memastikan, prosesi pemberian gelar adat kepada Presiden RI tersebut bakal dilaksanakan dengan singkat dan cepat.

Bahkan, ia menyebutkan pemberian gelar adat itu tidak akan memakan waktu lebih dari 120 menit alias dua jam.

"Kita memadatkannya. Prosesinya itu singkat-singkat saja. Tidak lama-lama. Diawali pagi sekitar pukul 08.30 atau pukul 9.00 WIB. Nanti jam 10.30 WIB sudah selesai," katanya, Jumat (14/12/2018).

Jokowi akan menerima sebutan Datuk Seri Setia Amanah Negara. Proses penabalan dimulai di halaman depan LAM Riau.

"Nanti seperti biasa. Bapak Presiden kita sambut di pintu gerbang, diiringi dengan kompang sampai di depan balai adat," jelasnya.

Penyambutan tak hanya dilakukan menggunakan kompang. Presiden Jokowi juga disambut dengan seni beladiri silat yang biasa disebut dengan nama silat sambut.

"Setelah itu Presiden naik ke atas (masuk kedalam) diiringi salawat dan duduk. Baru kita mulai prosesi yang diawali pembilang dari protokol kemudian pembacaan warkah yang sebelumnya diawali dengan pemasangan tanjak, keris sama selempang sebagai simbol adat," jelasnya.

Presiden Jokowi juga akan diberikan kesempatan untuk berbicara melalui kata sambutannya," setelah memberikan kata sambutan ditutup dengan warkah kembali dan sebagai penutup ada doa," tandasnya.

Baca juga berita RiauOnline.co.id lainnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.