Sukses

Rezeki Anak Saleh, Tiap Santri Dapat Rp 1 juta di Aceh

Liputan6.com, Meulaboh - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat, memberikan kado istimewa kepada para santri dengan memberikan bantuan uang tunai Rp 1 juta per santri pada momentum Hari Santri Nasional tingkat Provinsi Aceh.

"Tahun ini kami baru mampu memberikan Rp 1 juta per santri kepada 1.000 santri dan insyaallah untuk ke depan kami akan memberikan bantuan sepeda motor kepada seluruh pasantren di Aceh Barat," kata Bupati Aceh Barat, H Ramli, MS di Meulaboh, Sabtu (20/10/2018).

Pernyataan itu disampaikan disela-sela ucapara hari puncak perayaan memperingati Hari Santri Nasional 2018. Tahun ini Pemerintah Provinsi Aceh bersama Kementrian Agama memusatkan kegiatan peringatan hari santri di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Ramli menyatakan, salah satu prioritasnya menyejahterakan seluruh santri di pesantren selama tiga tahun pemerintahannya ke depan. Program tersebut bagian dari upaya meningkatkan partisipasi santri sebagai ujung tombak penerapan syariat Islam di daerah itu.

"Insyaallah tiga tahun ke depan sejak saya mulai menjabat sebagai Bupati Aceh Barat, seluruh tengku-tengku pesantren dan para santri di Aceh Barat akan sejahtera," ucapnya dilansir Antara.

Ia berharap dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Barat untuk kesuksesan program kampung muslimin dan tengku atau ustad di pesantren dapat mengajar di sekolah umum seperti SD dan SMP yang tahun depan sudah dimulai dilakukan.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh, Daud Pakeh mengatakan, kontribusi Aceh Barat terhadap terselenggaranya perayaan hari santri nasional itu patut diapresiasi.

"Semoga saja daerah lain mau mencontoh ini, sehingga tahun depan ada kabupaten/ kota yang sedia menjadi tuan rumah pelaksanaan hari santri nasional. Aceh Barat bukan hanya siap secara tenaga, tetapi juga mengalokasikan Rp 300 juta untuk kegiatan," sebutnya.

Beberapa agenda telah dilaksanakan menyambut hari santri nasional tanggal 22 Oktober 2018. Seperti perlombaan kegiatan keagamaan dan pawai ta'aruf ribuan santri dimulai dari Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Aceh Barat.

Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Provinsi Aceh ini diikuti ribuan santriwan dan santriwati dari berbagai pasantren di Aceh Barat dan dihadiri perwakilan dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Danrem 012 Teuku Umar.

Kemudian pimpinan DPRK Aceh Barat, Wakil Bupati Aceh Barat, Dandim 0105/ Aceh Barat, Kapolres Aceh Barat, Pejabat dari Kakanwil Kemenag Aceh, Sekda Aceh Barat, para kepala SKPK, para pimpinan pasantren, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.