Sukses

Hore, Akhir Tahun Jalan Tol Semarang-Ngawi Beroperasi

Pembangunan jalan tol Salatiga-Solo akan menyambungkan ruas jalan tol antara Semarang dengan Ngawi. Diharapkan jalur tol tersebut akan mulai beroperasi pada akhir tahun.

Liputan6.com, Solo - Pembangunan ruas jalan tol Solo-Salatiga terus dikebut agar akhir bulan November segera selesai. Rampungnya pembangunan ruas jalan tol tersebut diharapkan mempercepat tersambungnya jalur tol Semarang dan Ngawi pada akhir tahun nanti. Bahkan, pada liburan akhir tahun nanti, rencananya, jalan tol sepanjang 165 kilometer itu bisa beroperasi 

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), David Wijayanto mengatakan proses pembangunan ruas jalan tol Salatiga-Solo hingga saat ini sudah mencapai 91,6 persen.

Ada beberapa segmen pembangunan yang belum selesai, di anataranya pembangunan jembatan Kali Kenteng dan Kali Serang. Jembatan di atas dua sungai itu memiliki panjang sekitar 495 meter dengan ketinggian mencapai 39 meter.

"Saat ini progress pembangunan jembatan Kenteng sudah hampir selesai. Tinggal pemasangan satu bentang girder yang belum terpasang. Jembatan panjang itu terdiri dari 12 bentang girder yang masing-masing bentang pajangnya 40 meter," kata dia di sela-sela meninjau proyek pembangunan ruas jalan tol Salatiga-Solo, Rabu, 17 Oktober 2018.

David menambahkan, selain pembangunan jembatan itu, proyek pembangunan ruas jalan tol Salatiga-Solo juga masih menyisakan penyelesaian pengerjaan jalan sepanjang 2,5 kilometer.

Saat ini, pembangunan jalan itu masih dalam tahap pengerasan dan pengecoran. Namun, ia optimistis jika pembangunan jalan tol itu akan rampung sesuai dengan target yang telah ditentukan.

"Pada pertengahan bulan November semua pengerjaan sudah selesai semua. Setelah itu, dilanjutkan uji layak fungsi ruas jalan tol oleh tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Korlantas Polri, Dirjen Perhubungan Darat," ujarnya.

Sementara itu, untuk jalan tol Solo-Sragen, David mengungkapkan ruas jalan tol tersebut telah beroperasi sejak bulan Juli lalu. Sedangkan, untuk ruas jalan tol Sragen-Ngawi telah selesai pembangunannya dan pada awal pekan lalu telah dilakukan uji kelayakan serta fungsi.

"Dari hasil pengujian itu memang masih ada beberapa yang harus diperbaiki. Target kami, akhir bulan ini ruas jalan tol Sragen-Ngawi sudah bisa beroperasi," dia menuturkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akhir Tahun Tol Semarang-Ngawi Beroperasi

Dengan demikian, ia pun berharap pada akhir tahun nanti ruas jalan tol yang menghubungkan Semarang dan Ngawi sudah bisa beroperasi. Alhasil, pada liburan akhir tahun nanti ruas jalan to Semarang-Ngawi sudah bisa dilintasi kendaraan.

"Jadi akhir tahun nanti jalan tol dari Semarang–Salatiga-Solo-Ngawi sudah bisa nyambung. Yang pasti kami dari PT JSN menargetkan sampai Ngawi sudah tersambung hingga akhir tahun nanti. Jadi, liburan akhir tahun jalan tol sudah bisa digunakan dari Semarang sampai Ngawi," dia mengharapkan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasamarga, Desi Aryyani mengatakan, untuk pembangunan ruas jalan tol Salatiga-Solo sudah mencapai 91,5 persen. Pembangunan tersebut masih menyisakan di beberapa titik untuk pengerjaan pengecoran beton di sejumlah ruas jalan. "Kita yakini semua pembangunan itu akan bisa tuntas pada 15 November nanti," kata dia.

Sedangkan, untuk target penyelesaian pembangunan ruas tol Trans Jawa, ia menargetkan akan rampung pada 30 November 2018. Setelah pembangunan fisik tol Trans Jawa selesai, akan dilanjutkan dengan proses uji layak dan proses peresmian.

"Diharapkan pada akhir tahun bisa dioperasikan dan pada awal tahun bisa ditarifkan," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.