Sukses

Empal Gentong dan Bisnis Kuliner Sang Pisang ala Kaesang

Kaesang mengaku membuka gerai di Cirebon agar memiliki alasan untuk makan empal Gentong.

Liputan6.com, Cirebon - Keseriusan Kaesang Pangarep menggeluti usaha kuliner Sang Pisang tidak main-main. Putra Bungsu Presiden Jokowi itu kini melebarkan usaha Sang Pisang miliknya di Cirebon.

"Ini gerai yang ke-47 saya buka dan ke depan Insya Allah buka lagi di Samarinda," kata Kaesang Pangarep di sela pembukaan Sang Pisang Cirebon, Minggu, 23 September 2018.

Kaesang pun mengatakan alasannya membuka toko di Cirebon karena suka kuliner empal gentong khas Cirebon. Bahkan, Kaesang pun mengaku membuka gerai di Cirebon agar memiliki alasan untuk makan empal gentong.

Kaesang yang mengawali karirnya sebagai blogger ini mengaku tidak ada menu berbeda dengan gerai lain yang sudah ada. Lagi-lagi, Kaesang menyebut nama empal gentong menjadi alasan dia untuk membuka Sang Pisang di Cirebon.

"Kalau saya buka durian atau dukuh ribet jualannya karena itu buah musiman," ujar dia.

Kaesang juga menjelaskan, alasan utama menjual pisang karena buah tersebut cukup banyak disukai masyarakat. Oleh karena itu, usaha yang dirintis sejak akhir November 2017 tersebut ditargetkan ada di seluruh Indonesia.

Kaesang juga mengaku akan lebih gencar kampanye memakan pisang kepada masyarakat. Dia menyebutkan, untuk pasokan bahan baku di Cirebon, pisang yang diambil Kaesang berasal dari Lampung.

"Senang sekali kalau ternyata masyarakat Cirebon suka makan pisang dan saya akan kampanyekan makan pisang," kata Kaesang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Jokowi

Dalam upaya mengembangkan usahanya, Kaesang mengaku tidak mendapatkan dukungan modal dari bapaknya, Presiden Joko Widodo. Usaha yang dirintis itu hasil dari keringatnya sendiri.

"Bapak hanya mendukung dengan doa dan support sebagai orangtua selebihnya saya sendiri yang usaha," ujar dia.

Semangat Kaesang mengembangkan Sang Pisang terinspirasi dari kakaknya, Gibran Rakabuming Raka. Bahkan, Kaesang mengaku pernah meminta sang kakak membuka cabang usaha Martabak Markobar di Cirebon.

Namun, sang kakak belum membuka cabang di Cirebon. Kaesang juga mengaku tidak berpikir untuk meneruskan usaha milik bapaknya Jokowi.

"Kemarin sudah saya suruh buka di Cirebon tapi masih malas-malasan. Mungkin nanti akan ada kolaborasi ya sama Markobar," kata dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.