Sukses

PKPU HI Jawa Barat Kirim Tim Kemanusiaan ke Lombok

Pengiriman tim kemanusiaan itu selain untuk menyalurkan school kits, pembangunan hunian sementara dan peralatan memasak dari masyarakat Jabar.

Liputan6.com, Bandung PKPU Human Initiative Jawa Barat mengirimkan tim bantuan untuk membantu para pengungsi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pengiriman tim kemanusiaan itu selain untuk menyalurkan school kits, pembangunan hunian sementara dan peralatan memasak dari masyarakat Jabar.

Selain itu, tim juga diturunkan untuk membantu pelaksanaan program kesehatan, survei lokasi distribusi air, dan program rekonstruksi lainnya.

Kepala Cabang PKPU HI Jawa Barat Kiki Rejeki mengungkapkan pengiriman tim bantuan ke Lombok untuk memperkuat tim lapangan yang sebelumnya sudah berada di lokasi.

"Bantuan dari masyarakat Jawa Barat sudah diberikan sejak awal. Kalau saat ini tim yang dikirim untuk memperkuat tim yang ada di sana. Tim yang pergi ke sana membawa bantuan dari donasi masyarakat Jawa Barat dan sebagian besar bantuan lainnya akan didistribusikan untuk program jangka panjang lainnya," ujar Kiki kepada Liputan6.com, Sabtu (22/9/2018).

Koordinasi awal dilakukan dengan PKPU HI pusat untuk membantu pelaksaan tugas bersama. Pembagian tim juga dilakukan untuk mempermudah proses pembagian bantuan. Posko Pusat PKPU Human Initiative di Kota Mataram menjadi titik kumpul utama tim.

Salah seorang anggota tim, Ganjar Mutaqin mengatakan keberangkatannya ke Lombok adalah untuk menyampaikan amanah bantuan dari masyarakat Jawa Barat untuk saudara-saudara yang terkena gempa di Lombok.

“Saya berangkat untuk menunaikan amanah dari masyarakat Jawa Barat untuk menyerahkan bantuan kepada korban gempa Lombok dikarenakan kepedulian masyarakat Jawa Barat terhadap para korban gempa Lombok sangatlah tinggi,” ujar Ganjar.

Hingga saat ini PKPU Human Initiative sudah membangun hunian sementara sebanyak 390 unit. Masing-masing 290 unit di 4 desa di Kecamatan Sembalun Lombok Timur dan 100 unit di Dusun Tembobor dan Dusun Lendang Galuh, Desa Sigar Penjalin serta Dusun Manjalangu dan Dusun Karangnangka, Desa Sokong.

Pembangunan sekolah darurat diadakan di Dusun Wadon, Desa Kekait Kecamatam Gunung Sari Lombok Barat. Selain itu untuk mensuplai kebutuhan air, pembuatan tangki air di Tanjung Lombok Utara dilakukan.

Program lain yakni pembuatan sumur bor, mengadakan cash transfer program, pipanisasi, program dukungan sosial, distribusi material tambahan shelter kit, distribusi hygene kit, dan program redevelopment lainnya masih terus dilakukan. Hingga kini total penerima manfaat untuk semua program lebih dari 30 ribu orang.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.