Sukses

Kabut Asap Mulai Masuki Rumah Warga Banjarmasin

Meski pintu rumah ditutup, kabut asap tipis menyelundup masuk ke rumah warga di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Warga kini terpaksa gunakan masker.

Liputan6.com, Banjarmasin - Kabut asap tipis bukan saja menyelimuti beberapa kawasan Kota Banjarmasin, Senin dini hari hingga pagi, tetapi mulai masuk ke dalam rumah-rumah penduduk di ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tersebut, walau keadaan tertutup.

Dilansir Antara, Senin (17/9/2018), kabut asap terpantau cukup tebal di beberapa kawasan tertentu di ibu kota provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut. Salah satunya di Kelurahan Pemurus, Kecamatan Banjarmasin Selatan, yang merupakan daerah pinggiran kota tersebut.

Tebalnya kabut asap tak hanya mengganggu pernafasan karena baunya yang menyengat, tetapi juga mengaburkan pandangan serta mata terasa perih sehingga mengeluarkan air mata. Beberapa warga Pemurus Dalam, Hana dan Mugni, mengeluhkan hal tersebut.

Begitu pula udara berbau sengak karena pengaruh kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Banyak penduduk kini memakai masker guna menghindari atau setidaknya mengurangi terhirup udara yang tercemar itu.

Kabut asap juga menyelimuti arah keluar "kota seribu sungai" Banjarmasin dengan intensitas bervariasi, yaitu ada asap tebal dan tipis, sebagaimana informasi Sartika (29) yang bepergian ke Banjarbaru untuk bekerja.

Meski begitu, kabut asap yang menyelimuti beberapa kawasan "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari" Kalsel tersebut belum mengganggu kelancaran lalu lintas, baik untuk angkutan darat, udara, maupun air.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.