Sukses

Kala 2 Pramuka Sejati Mengikat Janji

Sepasang kekasih di Lampung menikah dengan mengenakan seragam Pramuka.

Liputan6.com, Lampung - Ratusan pasang mata memandangi pasangan pengantin ini. Anda Putra Maslyta dan Ellyana Pratiwi, warga Lampung ini menikah dengan mengenakan seragam Pramuka. Mereka mengenalkan Gerakan Pramuka kepada masyarakat dalam salah satu fragmen penting kehidupannya.

Akad pernikahan keduanya dilangsungkan di kediaman pengantin putri, di Batanghari Nuban, Lampung Timur, Sabtu, 1 September 2018. Setelah itu, sejoli ini memakai seragam Pramuka dan mengikuti resepsi pernikahan di kediaman pengantin putra, di Kota Bumi, Lampung Utara, Minggu, 2 September 2018.

Setelah sampai dekat rumah pengantin putra, mereka disambut anggota Gerakan Pramuka yang sudah berjejer rapi di samping kanan dan kiri, dengan memegang tongkat. Kemudian, dua sejoli ini disambut upacara tongkat pora.

Para anggota Gerakan Pramuka tersebut juga mengantarkan pasangan pengantin ke pelaminan. Di depan pelaminan, mereka disambut kedua orang tuanya. Topi yang biasa dipakai oleh peserta didik yang mereka kenakan, ditukar oleh kedua orangtuanya dengan topi yang biasa dipakai oleh anggota Gerakan Pramuka dewasa.

Penukaran topi itu menandakan mereka sudah bukan lagi peserta didik, melainkan orang dewasa yang akan mengarungi bahtera rumah tangga. Tidak terasa air mata mengalir dari pengantin putri, Ellyana Pratiwi. Lalu, keduanya diantar kedua orangtuanya ke singgasana pelaminan.

"Kita memang ingin seperti ini. Memakai seragam Pramuka waktu pernikahan untuk memperkenalkan Pramuka ke masyarakat. Pramuka tidak hanya tepuk-tepuk, Pramuka lebih hebat," ujar pengantin putra, Anda Putra Maslyta saat dihubungi, Rabu, 5 September 2018.

Menurut dia, orang menikah memakai seragam Pramuka di sekitar lingkungan rumahnya baru dirinya. Masyarakat sangat antusias melihat peristiwa sakral sekali seumur hidup itu. Sampai resepsi selesai, masyarakat antusias melihatnya.

Anda Putra menjelaskan, kedua orang tuanya mendukung prosesi pernikahan mereka memakai seragam Pramuka. Pasalnya, orang tuanya ternyata juga sama-sama aktif di Gerakan Pramuka.

"Saya setuju dengan perkataan Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault bahwa menantu idaman adalah Pramuka. Kalau Pramuka bisa menerapkan Dasa Darma, Pramuka bisa jadi menantu idaman banget. Kita tunjukkan sama masyarakat Pramuka itu keren, gembira asyik, sesuai kata Kak Adhyaksa," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.