Sukses

Kambing Kurban di Malang Ikut Arak-arakan Dulu, Disembelih Kemudian

Tradisi mengarak kambing kurban di Tumenggungan, Kabupaten Malang, sudah berlangsung puluhan tahun.

Liputan6.com, Malang - Warga Jalan Gatot Subroto, Tumenggungan, Kota Malang, Jawa Timur, mengarak puluhan ekor kambing berkeliling kampung. Ini menjadi tradisi warga sebelum hewan kurban itu disembelih di perayaan Idul Adha.

Ada 64 ekor kambing dibawa menyusuri salah satu sudut kampung di Kota Malang ini. Dimulai dari Jalan Gatot Subroto – Jalan Arismunandar – Jalan Zainul Arifin – Jalan KH Ahmad Dahlan dan kembali ke titik awal. Setelah itu, hewan kurban barulah disembelih untuk Idul Adha.

Ketua Panitia Idul Adha di Jalan Gatot Subroto, mengarak kambing kurban berkeliling kampung ini adalah tradisi warga kampung dan sudah berjalan sejak puluhan tahun silam.

"Meneruskan ajaran ulama, guru kami sejak puluhan tahun lalu tiap Idul Adha. Agar darah hewan kurban mengalir lancar saat disembelih, dibawa keliling dulu," kata Yakin di Malang, Rabu (22/8/2018).

Anak–anak, remaja, sampai pria dewasa turut serta mengarak kambing tersebut. Takbir terus dikumandangkan oleh rombongan selama mengarak hewan kurban itu. Warga setempat juga antusias dengan bergerombol di depan rumah saat arak–arakan melintasi kampung mereka.

Karena bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia, arak-arakan itu juga diselingi dengan umbul–umbul Merah Putih serta kembang api. Beberapa hewan kurban juga tampak dihias, sekilas tampak layaknya karnaval 17-an.

"Karena bertepatan dengan peringatan kemerdekaan, maka arak–arakan harus lebih meriah lagi," ujar Yakin.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.