Sukses

Deklarasi 2019 Ganti Presiden di Bandung Diundur, Ada Apa?

Pelaksanaan acara Deklarasi 2019 Ganti Presiden yang rencananya akan dilaksanakan di depan Gedung Sate pada Sabtu, 11 Agustus 2018, dipastikan diundur.

Liputan6.com, Bandung - Pelaksanaan acara Deklarasi 2019 Ganti Presiden yang rencananya akan dilaksanakan di depan Gedung Sate pada Sabtu, 11 Agustus 2018 mendatang, dipastikan batal digelar. Sebabnya, pada hari yang sama ada kegiatan pawai obor Asian Games 2018.

Namun demikian, deklarasi tetap bakal digelar setelah dilakukan penjadwalan ulang. Hal itu diungkapkan salah satu penyelenggara kegiatan.

Ketua Dewan Syuro Forum Umat Islam (FUI) Jawa Barat Hilman Firdaus mengatakan, deklarasi akan digelar pada 18 Agustus mendatang.

"Yang tanggal 11 itu diundur ke tanggal 18 karena bentrok sama pawai obor Asian Games," ujar Hilman saat dihubungi, Kamis, 2 Agustus 2018.

Hilman mengaku pihaknya sudah bertemu dengan Polrestabes Bandung. Dalam kesempatan itu, FUI dan sejumlah ormas Islam menyampaikan maksud dari kegiatan deklarasi.

"Kemarin kita sudah bicara dengan kapolretabes dan beliau akan bantu kita. Acaranya nanti rencananya di depan Gedung Sate. Tapi, tidak menutup kemungkinan kita difasilitasi oleh kapolretabes di tempat lain, gedung misalnya," tuturnya.

Hilman pun memastikan acara deklarasi nanti tidak akan melibatkan massa besar dan aksi long march.

"Tidak ada long march, hanya deklarasi saja," tegasnya.

Secara terpisah Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Hendro Pandowo membenarkan pertemuan antara sejumlah ormas pada Selasa 31 Juli 2018 lalu.

Hendro mengatakan, pertemuan itu dihadiri Ustaz Hilman Firdaus (Gerakan Bela Negara), Ustaz Suryana Nurfatwa (Garda Jabar) dan Ustaz Saeful (FUI).

"Sudah dipastikan tidak jadi mengingat tanggal 11 Agustus yang bersamaan ada giat Asian Games," tegas Hendro.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.