Sukses

Belum Sah ke Makassar Tanpa Sup Konro, Ini 5 Warung Konro Favorit di Kota Daeng

Makassar - Kurang afdal bila mengunjungi Kota Makassar, Sulawesi Selatan, bila tak mencicipi kuliner khas setempat. Terutama, saat Ramadan seperti saat ini.

Sup konro dan konro bakar memang bisa jadi pilihan untuk memanjakan lidah Anda yang mencintai masakan nusantara, baik penduduk lokal maupun pendatang di Makassar yang berjuluk Kota Daeng.

Belum lama ini, KabarMakassar.com menelusuri makanan khas suku Makassar maupun Bugis tersebut. Sup konro dan konro bakar itu dapat ditemukan di sepanjang jalanan Kota Makassar. Selain itu, sudah banyak restoran yang menjadikan sup konro sebagai menu utamanya.

Boleh dikatakan, di berbagai acara pernikahan, perayaan Idul Fitri, Idul Adha maupun acara lainnya, menu satu ini jarang terlewatkan. Sebagian besar penduduk asli Makassar, bahkan lebih sering membuatnya sendiri untuk dinikmati bersama keluarga, karena cukup mudah dan praktis.

Sup konro dan konro bakar bisa pula menjadi sajian saat berbuka puasa maupun santap sahur di bulan Ramadan. Konro adalah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi suku Bugis dan Makassar. Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi.

Konro aslinya dimasak berkuah dalam bentuk sup yang kaya rempah. Masakan berkuah warna cokelat kehitaman ini biasa dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam.

Selain keluwak, sup konro ini dimasak dengan berbagai rempah lain seperti jahe, lengkuas, kayu manis, kapulaga, asam jawa, kunyit, kemiri, ketumbar, dan jinten.

Konro merupakan salah satu masakan khas yang banyak dicari para turis domestik maupun mancanegara ketika berkunjung ke Kota Makassar. Isinya bukan daging sapi, melainkan tulang iga. Mau dibakar atau direbus biasa di dalam kuah sup, tulang iga ini tetap enak disantap.

Sama dengan coto (soto), bagi sebagian orang, belum lengkap berkunjung ke Kota Makassar tanpa mencicipi konro. Selain khas, makanan ini juga gampang didapatkan di berbagai sudut kota.

Tak mengherankan, bila sup konro dan konro bakar bisa menjadi penawar perindu bagi perantau asal Makassar ataupun orang yang pernah berkunjung ke sana.

Baca berita menarik dari KabarMakassar.com lain di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Pilihan Warung Sup Konro di Makassar

Setiap orang di Makassar, pasti punya tempat favorit untuk menikmati konro. Ada yang berdasarkan rasa atau aroma, tempat, atau suasana.

Berikut 5 warung konro favorit di Kota Makassar yang dihimpun KabarMakassar.com:

1. Sup Konro Karebosi

Sup Konro Karebosi terletak di Jalan Gunung Lompobattang No. 41-43, Kota Makassar.

2. Konro Bakar Losari

Konro Bakar Losari terletak di Jalan Datu Musseng, No. 6A, Kota Makassar.

3. Sop Konro Bawakaraeng

Berlokasi di Jalan G. Bawakaraeng No. 146, Wajo Baru, Kecamatan Makassar, Kota Makassar.

4. Sop Konro Ratulangi

Berada di Jalan Sultan Alauddin No. 88, Mannuruki, Tamalate, Kota Makassar.

5. Sop Konro Sulawesi

Terletak di Jalan Sulawesi, No. 246, Melayu Baru, Kecamatan Makassar, Kota Makassar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.