Sukses

Tanggul Sungai Jebol, Wilayah Bandung Timur Disergap Banjir

Liputan6.com, Bandung - Hujan deras disertai angin kencang menerjang sejumlah wilayah di Kota Bandung terutama bagian timur. Hal itu menyebabkan sejumlah wilayah tergenang banjir. Salah satu wilayah yang terdampak adalah di bilangan Ahmad Yani, dekat terminal Cicaheum. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebuah tanggul di Jalan Jatihandap, Kelurahan Mandalajati, Kecamatan Jatihandap, jebol. Akibatnya, luapan sungai mengalir hingga ke ruas Jalan Ahmad Yani.

Tinggi Muka Air (TMA) sungai mencapai 150 centimeter. Kondisi tersebut membuat jalan dan pemukiman warga tergenang air dan lumpur.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara membenarkan kejadian tersebut.

Untuk menangani luapan banjir hingga ke ruas jalan nasional itu pihaknya menurunkan delapan unit mobil damkar.

"Kita melakukan penyemprotan ke jalan agar lumpur bebas dari jalanan. Kita lakukan secepatnya," kata Ferdi saat dihubungi Selasa (20/3/2018).

Menurut Ferdi, tanggul yang luapannya besar itu sedementasinya terdapat lumpur yang menyulitkan pengendara melalui jalan. Penyebab jebolnya tanggul sendiri, kata Ferdi, karena hujan deras sekitar pukul setengah 16.30 WIB.

"Kemudian sungai Jatihandap meluap. Tidak sebanding dengan kapasitasnya," jelasnya.

Selain di Jalan Ahmad Yani, pihak Damkar PB juga menerima laporan banjir menggenangi sejumlah wilayah Bandung timur di Jalan Cikadut (Cicaheum), Jalan Purwakarta (Antapani), Jalan Polo air (Acamanik), Jalan Terusan Jakarta (Antapani), Jalan Rumah Sakit Gedebage dan Jalan Perempatan Gedebage-Soetta. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

Artikel Selanjutnya
Hujan Es Hebohkan Warga Bandung
Artikel Selanjutnya
Detik-Detik Dokter Potong Cincin yang Lukai Jari Manis Mahasiswi Bandung