Sukses

5 Kelebihan Pesan Tiket Kereta Mudik Lebaran Secara Online

Liputan6.com, Jakarta Kereta api kerap menjadi pilihan utama orang dalam melakukan perjalanan jauh seperti mudik jelang Lebaran. Moda transportasi umum ini menawarkan hal menarik, mulai dari harga, pilihan waktu, maupun suasana perjalanan. Tak heran, kereta api selalu ramai diserbu orang terutama pada peak season seperti musim mudik Lebaran.

Untungnya, saat ini pemesanan tiket kereta api untuk pulang kampung sudah tersedia secara online. Sistem pemesanan tiket yang modern ini memberikan banyak kemudahan bagi pengguna kereta api. Apabila belum pernah melakukannya, 5 poin ini akan mendorong Anda untuk segera beralih dari cara konvensional ke cara modern:

1. Pesan bisa di mana saja dan kapan saja

Bayangkan betapa repotnya memesan tiket kereta api dengan cara konvensional. Anda harus menghabiskan pulsa untuk menelepon ke layanan pelanggan PT KAI (Persero) atau mengantre dan berdesakan pada loket penjualan tiket di stasiun-stasiun. Kerepotan tersebut akan terasa lebih berat jika Anda membeli tiket saat musim ramai.

Dengan adanya sistem online, kerepotan tersebut sudah tak lagi mengganggu Anda. Sistem online memungkinkan Anda memesan tiket kereta api di mana saja dan kapan saja. Kapan pun Anda ingin membeli tiket kereta api, Anda tinggal membuka gawai lalu mengakses situs penjualan tiket kereta api. Anda tak perlu mengunjungi suatu tempat tertentu atau menunggu waktu tertentu untuk melakukannya. Semua tinggal klik dan klik.

2. Hemat waktu dan tenaga

Karena bisa pesan tiket kereta dari mana saja dan kapan saja, maka hal ini jelas menghemat banyak waktu dan tenaga Anda. Membeli tiket kereta api secara online berarti Anda tidak perlu membuang waktu untuk pergi ke tempat pembelian tiket dan tidak perlu menguras tenaga untuk antre atau berebutan dengan penumpang lain. Anda hanya tinggal menggunakan gawai yang selalu dibawa ke mana-mana.

3. Banyak promo menarik

Pemesanan tiket kereta api secara online umumnya menawarkan banyak promo menarik. Promo ini bahkan akan lebih menggoda jika Anda melakukan pemesanan melalui online travel agent (OTA). Promo utama yang kerap diberikan OTA untuk pemesanan tiket kereta api online adalah cashback dan gratis biaya admin. Menyenangkan bisa membeli tiket dengan mudah, sekaligus menghemat lebih banyak biaya!

4. Menekan risiko kehilangan tiket

Risiko utama dalam membeli tiket secara konvensional adalah kehilangan tiket. Sebab, tiket atau tanda terima pembelian tiket yang Anda miliki berbentuk kertas fisik yang harus disimpan dengan baik. Mungkin Anda sudah menyimpannya, tapi kemudian ternyata lupa membawanya saat diperlukan.

Risiko seperti ini tidak mungkin terjadi jika Anda membeli tiket secara online, sebab tiket yang Anda terima berbentuk digital dan tersimpan langsung dalam gawai. Jika pun gawai hilang atau tertinggal, Anda masih bisa mengakses tiket tersebut dari gawai yang lain karena tiket tersimpan secara online.

5. Banyak fitur yang memudahkan pengguna

Beberapa fitur yang membuat pemesanan tiket kereta api lebih mudah dan cepat kini ditawarkan oleh banyak penyedia jasa penjualan tiket kereta api online. Misalnya Traveloka, agen travel online yang memiliki tiga fitur unggulan yang mungkin tidak Anda temukan di tempat lain.

Fitur Passenger Quick Pick adalah andalan untuk Anda yang sering traveling dan butuh cara praktis untuk mengisi data penumpang secara akurat. Data yang Anda masukkan akan tersimpan di Traveloka, sehingga saat melakukan pembelian berikutnya, Anda tak perlu lagi mengetik informasi penumpang secara manual.

Sementara itu, fitur Kartu Saya (My Cards) sangat cocok bagi pengguna kartu kredit karena Anda bisa menyimpan data hingga lebih dari satu kartu untuk mempercepat pembayaran. Ada pula fitur Saldo UANGKU, sistem pembayaran berupa dompet online yang bisa Anda isikan saldo hingga satu juta rupiah. Saldo tersebut nantinya bisa Anda pakai untuk bertransaksi di Traveloka, termasuk untuk membayar tiket kereta api yang Anda beli.

Dulu, orang-orang selalu bermasalah saat memesan tiket kereta api. Berita-berita nasional kerap menyampaikan kabar banyaknya orang cekcok karena berebutan tiket kereta di stasiun saat mudik. Ada yang marah karena tidak kebagian tiket, ada yang ketinggalan kereta, ada yang salah memesan tiket, bahkan ada yang pingsan karena terlalu lama antre dan berdesakan.

Kini, waktunya Anda beralih ke pembelian tiket secara online, karena tak cuma terbebas dari masalah-masalah tersebut, kini Anda pun bisa membeli tiket kereta hingga 90 hari sebelum tanggal keberangkatan, sehingga bisa tetap kebagian tiket untuk peak season sekalipun. Begitu juga dengan Anda yang berencana mudik Lebaran tahun ini dengan kereta api.

 

(*)

Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Traveloka Masuki Ranah Piala Dunia 2018
Artikel Selanjutnya
Traveloka Incar Penggila Sepak Bola via Layanan Interaktif Piala Dunia 2018