Sukses

Perayaan Imlek Sederhana Kelenteng Terbesar di Makassar

Ada yang berbeda dengan perayaan Imlek tahun ini di Kelenteng Xian Ma, Makassar. Apa itu?

Makassar - Suasana perayaan Imlek yang akan berlangsung pada 16 Februari mendatang sudah terasa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Berbagai persiapan perayaan tahun baru Imlek di antaranya berlangsung di Kelenteng Xian Ma, salah satu kelenteng terbesar di Kota Makassar yang terletak di Jalan Sulawesi, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 8 Februari 2018.

Sejak kemarin sejumlah Lozhu atau warga Tionghoa yang ditunjuk khusus, melakukan pembersihan patung termasuk patung dewa-dewi di kelenteng.

Selama empat hari jelang Imlek, selain membersihkan patung, Lozhu juga mengganti pakaian patung dewa-dewi di antaranya Patung Dewi Xian Ma patung dewi utama di kelenteng ini.

Kepada Kabarmakassar.com, Humas Kelenteng Xian Ma Makassar, Robbyanto Rusli mengatakan jika di Kelenteng Xian Ma ada sekitar 110 patung dibersihkan. Patung berada di lima lantai klenteng.

 

Baca berita menarik lainnya dari Kabarmakassar.com di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perubahan Perayaan Imlek Tahun Ini

Untuk membersihkan patung, Lozhu menggunakan air kembang yang sebelumnya sudah didoakan.

"Kita mandikan dewa-dewi, diganti bajunya ini hari kedua kemarin di lantai lima dan puncaknya nanti tanggal sepuluh," kata dia.

Selain pembersihan patung, pengurus kelenteng juga tengah memasang lampion dan tempat lilin.

Jika pada tahun sebelumnya perayaan Imlek dilakukan dengan berbagai kegiatan meriah, untuk Imlek tahun ini Pengurus Kelenteng Xian Ma merayakan dengan sedikit lebih sederhana mengingat selain sebagai tahun politik juga banyak bencana terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.