Sukses

Cucu Jenderal Soedirman Ungkap Petuah Sang Kakek Jelang HUT TNI

Cucu Jenderal Soedirman bahkan akan memerankan sang kakek dalam sosiodrama dalam puncak peringatan HUT ke-72 TNI di Cilegon, Banten.

Liputan6.com, Cilegon - Danang Priambodo Soedirman, cucu Jenderal Soedirman, akan memerankan sang kakek dalam sosio drama dalam puncak peringatan HUT ke-72 TNI di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Banten, Kamis, 5 Oktober 2017.

Danang yang perawakannya mirip dengan sang Panglima Besar itu mengaku bahwa kakeknya menitipkan negara Indonesia ini agar terus dijaga oleh segenap lapisan masyarakat.

"TNI bukan suatu golongan, bukan di atas rakyat juga. TNI harus tetap setia untuk keselamatan negara," ucap Danang, yang ditemui usai gladi resik puncak peringatan HUT ke-72 TNI di Kota Cilegon, Banten, Selasa (3/10/2017).

Dengan rambut yang sudah sedikit beruban, Danang menceritakan sang kakek, Jenderal Besar Soedirman yang dikenal dengan taktik perang gerilyanya itu, adalah sosok yang tak pernah merasa dirinya sebagai pahlawan bangsa Indonesia.

"Kalau menurut cerita ayahanda saya, karena waktu itu saya belum lahir, Soedirman itu sosok yang bukan merasa besar," tuturnya.

Jenderal Soedirman mengatakan bahwa pahlawan sebenarnya bukan dirinya, melainkan rakyat. "Tanpa rakyat, TNI bukan siapa-siapa," ujar Danang yang mengutip perkataan sang kakek, Jenderal Soedirman, dari ayahnya.

Karena itu, ujar Danang, TNI tak pernah diperbolehkan menyakiti masyarakat. Bahkan, Jenderal Soedirman sewaktu peperangan mempertahankan kemerdekaan RI dari penjajah Belanda di zamannya, mendapatkan perlindungan dari rakyat.

"TNI besarnya dari rakyat, pahlawan sebenarnya bukan Soedirman, tapi rakyat," kata cucu Jenderal Soedirman itu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.