Sukses

Kisah Haru Persahabatan Pengungsi Gunung Agung dengan 3 Anjing

Liputan6.com, Karangasem - Bernat, Chica, dan Robi ialah nama tiga anjing milik Putu Merta atau biasa dipanggil Gus Ferry di komunitas motor trail Bali. Persahabatan mereka mendadak viral saat Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem dinyatakan naik level Awas.

Bermula saat malam di mana Gunung Agung ditetapkan statusnya menjadi Awas, Gus Ferry bersama keluarga besar dan para tetangganya turun dari tempat tinggal untuk mengungsi di daerah Nongan, Karangasem, Bali. Namun, pada saat Gus Ferry mengungsi, dirinya tidak membawa ketiga sahabat berbulunya itu.

Selama satu malam berada di pengungsian, perasaan Gus Ferry gundah gulana. Hingga pada keesokan harinya, 23 September 2017 sekitar pukul 14.00 Wita, Gus Ferry bersama salah seorang kerabatnya kembali ke rumahnya untuk menjemput ketiga sahabatnya itu.

"Akhirnya saya kembali ke kampung saya di Dusun Pura, Desa Sebudi, kecamatan Selat dan membawa ketiga anjing saya ke pengungsian sementara," kata Gus Ferry kepada Liputan6.com, di Desa Manggis, Karangasem, Bali, Sabtu (30/9/2017).

Namun, pada saat dirinya memboyong ketiga sahabatnya tersebut, dirinya harus rela kehilangan satu di antaranya yaitu anjingnya yang bernama Chica.

"Saya bawa semuanya ke pengungsian sementara di daerah Nongan. Kami disuruh mengungsi lagi oleh petugas, karena dianggap daerah Nongan termasuk daerah rawan. Saya panik dan anjing-anjing saya panik, salah satunya Chica. Dia lari naik ke atas dan sampai sekarang saya belum ketemu Chica," ujarnya dengan raut muka bersedih.

Gus Ferry mengaku dirinya dan pengungsi lainnya dibawa petugas menuju ke pos pengungsian di daerah Manggis. Pada saat itu, ia hanya bisa membawa Bernat dan Roby. Dalam situasi penuh kepanikan, Gus Ferry mendapatkan solusi dari media sosial agar anjing-anjingnya dititipkan pada komunitas hewan yang ada di Bali.

"Saya terpaksa titip Robi di penangkaran hewan. Mereka itu yang menyelamatkan satwa-satwa yang ditinggal pemiliknya mengungsi. Saat ini yang bersama saya hanya Bernat," ucap Gus Ferry.

Gus Ferry memelihara Bernat, Robi dan Chica sudah sejak mereka masih kecil. Jadi, hubungan mereka sudah sangat dekat, hingga Gus Ferry tidak bisa berhenti memikirkan ketiganya saat ditinggal mengungsi pada hari pertama usai Gunung Agung ditetapkan pada status Awas.

Kecintaannya pada sahabat berbulunya itu semakin terlihat saat dirinya harus kehilangan Chica. Ia bahkan tidak bisa tidur nyenyak selama tinggal berada di pengungsian.

Berhari-hari ia berdoa dan berharap Chica bisa bertemu lagi dengannya atau bertemu dengan orang baik yang menyayanginya. Saat ini Gus Ferry sudah berpindah tempat mengungsi ke rumah pamannya di daerah Manggis, Karangasasem.

Saksikan video pilihan berikut ini!

 

Loading