Sukses

Agenda Raja-Raja Indonesia di Dieng Culture Festival 2017

Ada 15 raja beserta permaisuri Nusantara bakal hadir dalam gelaran Dieng Culture Festival 2017.

Liputan6.com, Banjarnegara – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, memastikan ada 15 raja dan permaisuri dari seluruh Nusantara yang bakal hadir dalam gelaran Dieng Culture Festival (DCF) VIII 2017. Total ada 20 utusan keraton maupun puri dari seluruh Indonesia yang menyatakan akan hadir dalam agenda pariwisata nasional ini.

Kepala Dinas Pariwisata Banjarnegara Dwi Suryanto mengatakan, para raja dan utusan kerajaan itu dijadwalkan akan hadir menjelang puncak Dieng Culture Festival 2017, berupa prosesi pemotongan rambut bocah gembel atau atau anak gimbal Dieng.

"Sementara, memang sudah ada 15 yang sudah konfirmasi benar (akan hadir). Lima belas pasang raja dan permaisuri dari seluruh Nusantara," kata Suryanto, saat dihubungi Liputan6.com, Senin, 31 Juli 2017.

Suryanto menjelaskan, mereka akan tiba pada Rabu, 5 Agustus 2017. Bupati Banjarnegara akan menyambut para raja dan ratu di Pendopo Pemkab Banjarnegara, lantas dikawal menuju Dataran Tinggi Dieng untuk mengikuti berbagai prosesi ritual Dieng Culture Festival 2017.

"Nanti kita sambut kerawuhannya, para raja di Pendopo Dipayudha Graha. Kemudian kita kawal menuju ke Dieng," katanya.

Para raja dan permaisuri ini, kata Suryanto, akan mengikuti arak-arakan pemotongan rambut gimbal. Namun, mereka tak akan mengikuti seluruh kirab, melainkan terbatas di area Komplek Candi Arjuna.

"Para raja dan permaisuri itu menghendaki akan mengikuti kirab, meski tidak sepanjang perjalanan. Tetapi mungkin di Pintu Masuk Komplek Candi Arjuna, beliau akan mengikuti barisan potong rambut gimbal itu," ujarnya.

Ada kemungkinan pula, perwakilan raja akan memotong rambut salah satu anak gimbal. Namun, hal ini akan dikomunikasikan lebih lanjut dengan Panitia DCF 2017 dan tetua adat Dieng.

"Tidak mungkin semuanya. Soalnya, yang dipotong rambutnya saja kan hanya sembilan anak. Pertama jelas Pak Gubernur, kemudian Pak Bupati, dan lain-lain. Nanti kita lihat," kata dia memaparkan.

Suryanto menambahkan, beberapa keraton dan puri yang menyatakan akan mengirimkan utusan, antara lain Keraton Amertha Bumi Kendal, Keraton Kutai, Keraton selayar, Keraton Sulawesi, Kesultanan Luwu, Keraton Bangkalan, Keraton pamekasan, Keraton Tamiang Aceh, Keraton Indrapura, Keraton Taruma Negara, Keraton Bau Bau, dan Keraton Yustina.

Sementara, Ketua Pokdarwis Pandawa Dieng Alief Fauzi mengaku telah mulai mempersiapkan berbagai akomodasi yang diperlukan untuk menyambut para raja dan permaisuri itu, seperti menyiapkan penginapan.

"Kami sudah berkomunikasi dengan Pak Dwi (Suryanto), untuk mempersiapkan segala sesuatu. Seperti penginapan. Kami siapkan homestay kalau memang nanti mau menginap. Tetapi untuk soal teknisnya, kami akan berbicara lebih detail dengan panitia dan Pemkab Banjarnegara," kata Alief.

Pada puncak acara Dieng Culture Festival, Alief berencana menempatkan para raja dan permaisuri itu di tribun tamu kehormatan, bersama dengan tamu-tamu undangan dari seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini