Sukses

Teka-teki Jasad Kakek Berjenggot Tertelungkup di Makam Keramat

Kakek berjenggot yang tertelungkup di makam keramat itu diperkirakan sudah 1-2 hari meninggal saat ditemukan.

Liputan6.com, Batang - Warga Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah dibuat gempar dengan sesosok jenazah kakek tanpa identitas ditemukan warga di area makam keramat Mbah Blending, Dukuh Kradenan, Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kamis siang, 29 Juni 2017.

Jenazah lelaki itu pertama kali ditemukan warga saat sedang berziarah ke makam Mbah Blending sekitar pukul 10.00 WIB. Kondisi jenazah saat ditemukan sudah mulai membusuk dan menimbulkan bau tidak sedap.

Usia lelaki itu diperkirakan 70 tahun, tinggi badan sekitar 167 cm, berambut cepak dan berjenggot putih. Saat ditemukan, korban mengenakan pakaian kotak-kotak, celana panjang warna biru, serta berpeci warna hitam, kumis 2 cm dan jenggot warna putih sepanjang 7 cm.

Personel Polsek Blado Polres Batang Polda Jateng yang mendapat informasi, langsung melakukan olah TKP dan mengevakuasi jasad korban dari makam keramat ke kamar jenazah RSUD Kalisari. Kapolsek Blado AKP Puji Irianto, saat itu yang memimpin langsung evakuasi dibantu dengan warga setempat.

"Ketika ditemukan, mayat dengan posisi tertelungkup menghadap ke Barat, saat itu saksi akan berziarah ke makam melihat hal tersebut langsung melapor Kades, lalu menghubungi Polsek Blado," ucap Puji.

Tim Dokkes Polres Batang dibantu tim medis RSUD Kalisari dan Tim Inafis Satreskrim Polres Batang, telah melakukan visum dan identifikasi terhadap jasad korban. Tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan pada tubuh korban yang diperkirakan sudah meninggal satu dua hari sebelum ditemukan.

Sehari berselang, jajaran Polres Batang berhasil mengungkap identitas jasad kakek tanpa identitas itu. Diketahui almarhum bernama Kasidin (69). Dia merupakan warga Kampung Bulakturi RT 008/RW 001 Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

"Ya, Alhamdulillah kami berhasil mengetahui identitas jenazah tersebut. Sebelumnya kami berkoordinasi dengan Polres Jakarta Utara untuk mencocokkan hasil identifikasi lalu memberitahukan pihak keluarga," kata Kasat Reskrim Polres Batang AKP Suhadi.

Menurut Kasat Reskrim AKP Suhadi menuturkan, korban pergi dari rumah hampir dua tahun lalu tetapi tidak pamit keluarga. Pihak keluarga juga sudah mencari ke mana-mana namun belum bisa menemukan.

"Saat ini, jenazah sudah kami serahkan pada pihak keluarga dan diterima langsung oleh istri almarhum," kata Kasat Reskrim.

Kasiem (57), kerabat almarhum mengaku sudah mencari ke mana-mana. "Bapak pergi hampir dua tahun lalu dan ke mana perginya juga kami tidak menahu, karena pergi tidak memberitahu istrinya," katanya.

"Terima kasih Pak Polisi, karena bisa menemukan jasad suaminya dan langsung menghubungi kami," ucap Kasiem.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.