Sukses

Dikira Sudah Meninggal, Bocah Awal Pulang Bikin Pingsan Ibunda

Liputan6.com, Gowa - Dianggap sudah meninggal dunia setelah hilang selama berhari-hari, keluarga bocah berusia 7 tahun di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, berencana menggelar tahlilan. Nyatanya, bocah itu masih hidup setelah ditemukan selamat oleh polisi.

Bocah bernama Awal itu pertama kali ditemukan Kapolsek Bungaya AKP Muhammad Ramli yang waktu itu berpatroli bersama anggotanya pada Selasa malam, 10 Januari 2017, sekitar pukul 20.30 Wita.

Saat itu Ramli terkejut karena mendengar suara tangisan anak kecil saat sedang berpatroli di wilayah hukumnya. "Saya kaget dengar suara tangisan anak kecil," kata Ramli saat dikonfirmasi, Kamis, 12 Januari 2017.

Ramli bersama anggotanya akhirnya mencari sumber suara tangisan bocah tersebut. Mereka lalu menemukan Awal yang sedang menangis tersedu di pinggir Jalan Poros Bungaya. "Saya dapati dia (Awal) di pinggiran Jalan Poros Bungaya sedang kebingungan dan menangis tersedu," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, polisi membawa bocah tersebut ke Markas Polsek Bungaya."Saat dibawa ke Mapolsek (Bungaya), bocah itu masih terlihat kebingungan dan seperti takut untuk bicara, tapi dia sempat ngomong kalau dia bernama Awal berumur 7 tahun," ujar dia.

Melihat kondisi psikologi Awal, Kapolsek Bungaya akhirnya memutuskan untuk membawa bocah malang ini pulang ke rumahnya untuk dirawat sementara serta untuk dilakukan pendekatan emosional.

"Dia tidak mau bicara ketika ditanya tinggal di mana, makanya saya bahwa pulang ke rumah saya. Yah untuk dirawat dan dilakukan pendekatan emosional," tutur Ramli.

Setelah keadaan emosional Awal membaik, bocah malang ini akhirnya menyebutkan alamat rumahnya. Dia mengaku tinggal di Dusun Bontoa, Desa Kampili, Kecamatan Pallangga. "Saya lalu cari rumahnya," ujar Ramli.

Setelah disisir, akhirnya pihak kepolisian menemukan kediaman Awal dan membawa bocah tersebut untuk kembali pulang bertemu orangtuanya. "Saat saya membawa Awal pulang ke rumahnya, keluarganya seperti tidak percaya bahwa itu adalah Awal. Ibunya kaget. Ia menangis histeris bahkan sempat pingsan," tutur Ramli.

Saat berbicara dengan pihak keluarga, ujar Muhammad Ramli, ternyata Awal sudah lama menghilang. Awal bahkan telah dianggap meninggal dunia karena diduga diculik lalu dibunuh.