Sukses

Kalibiru, Wisata Negeri di Atas Awan

Liputan6.com, Kulon Progo - Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyimpan surga wisata yang belum banyak diketahui. Satu di antaranya keindahan dari atas bukit di Desa Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Dwi Marlina petugas retribusi masuk objek wisata Kalibiru menjelaskan saat musim libur Natal dan Tahun Baru ini jumlah pengunjung meningkat. Ribuan pengunung memadati Kalibiru setiap harinya. Pada musim libur nasional seperti tahun baru, jumlah pengunjung bisa mencapai 5 ribu orang per hari.

"Sejak libur sekolah kemarin sudah ramai. Kalau hari biasa sekitar 700-800 orang per harinya. Tapi kalau hari libur biasanya 2.000-5.000 orang," ucap dia, Minggu, 25 Desember 2016.

Di Kalibiru, para pengunjung akan menikmati pemandangan yang indah dari atas bukit. Selain itu, pelancong dapat juga berfoto dengan spot yang sudah disediakan pengelola objek wista ini. Ditambah dengan flying fox yang menjadi bagian dari Highropgames.

"Spot foto ada lima. Pohon ada tiga, yang buatan ada dua. Spot panggung dan bulat. Buatan itu, bukan yang pohon," ujar Dwi.

Adapun Sudadi, selaku Ketua Pengelola Objek Wisata Kalibiru mengatakan, tiket masuk saat libur Natal dan Tahun Baru per orang mencapai 10 ribu. Jika hari biasa dikenakan tarif 5.000 per orang.

Para pengunjung dimanjakan keindahan dari atas bukit di Desa Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY. (Liputan6.com/Yanuar H)

Bagi yang ingin lebih intim lagi menikmati suasana di Kalibiru, pihaknya juga menyediakan tempat menginap di kawasan wisata Kalibiru.

"Kita homestay ada 10 dan pondok wisata ada enam. Pondok wisata Rp 300 ribu, kalau homestay per kamar ya Rp 120 ribu," kata dia.

Sementara itu, salah satu pengunjung dari Jakarta, Riama mengaku baru pertama kali datang ke Kalibiru. Namun ia merasa senang dengan suasana alam di Kalibiru.

Para pengunjung dimanjakan keindahan dari atas bukit di Desa Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY. (Liputan6.com/Yanuar H)

Riama menyebut Desa Kalibiru ini cukup jadi rekomendasi sebagai destinasi wisata di Kulon Progo, DIY. Dari atas ini juga terlihat pemandangan Waduk Sermo dan pohon di kawasan Sermo. Hal ini menambah kecantikan alam dari Kalibiru.

"Banyak tempat duduknya, hawanya enak banget. Cukup rekomendasilah perlu datang ke sini. Pemandangan alam aja dikelilingi bukit," Ketua Pengelola Obyek Wisata Kalibiru, Kulon Progo itu memungkasi.