Sukses

Fasilitasi Merenung, Purwakarta Bangun Taman Senyap Rp 40 M

Taman senyap itu berlokasi di Situ Wanayasa, Purwakarta.

Liputan6.com, Purwakarta - Beragam cara dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, untuk menjadikan daerahnya lebih berkarakter. Kali ini Pemda Purwakarta akan membangun[ taman senyap](2643055/ ""). Taman itu selain memfasilitasi warga untuk merenung, juga menjadi destinasi wisata baru.

‪Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan akan membangun taman senyap di Situ Wanayasa, Kecamatan Wanayasa. Pihaknya menganggarkan dana sedikitnya Rp 40 miliar.

Menurut Dedi, taman senyap merupakan gagasan lama yang sudah direncanakan dan akan segera direalisasikan.

"‪Di taman senyap itu, nantinya setiap pengunjung yang hendak masuk ke areal taman tersebut tidak dibolehkan untuk membawa piranti digital.‬ Sebab, keberadaan taman senyap ialah untuk menyepi, berkontemplasi atau merenung dengan konsep kembali dan bergabung dengan alam," kata Dedi saat ditemui di Purwakarta, Minggu, 6 November 2016.

Pembangunan taman senyap sekaligus melengkapi aneka jenis taman yang telah dibangun sebelumnya di Purwakarta. ‪"Pembangunan taman senyap menjadi bagian dari pengembangan objek wisata di Purwakarta, sekaligus memperbanyak pilihan bagi pengunjung yang datang nantinya," kata Dedi.

Situ Wanayasa merupakan areal danau yang selama ini merupakan salah satu tempat wisata bagi masyarakat lokal di Purwakarta. Namun, pengelolaannya belum optimal jika dibanding dengan tempat lain di daerah Purwakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.