Sukses

Butuh Rp 1 Miliar Hadirkan Sukarno di Tengah Kota Brebes

Kehadiran Sukarno diharapkan bisa menjadi objek wisata edukatif alternatif bagi warga.

Liputan6.com, Brebes - Monumen Juang 45 (Monju) yang terletak di Jalan Cendana, Kota Baru Brebes Jawa Tengah, kini dilengkapi dengan patung Presiden RI pertama Ir Sukarno. Patung setinggi empat meter tersebut, berdiri kokoh di depan pintu masuk monumen untuk menyambut para pengunjung.

"Kami sengaja menambahkan patung Ir Soekarno sebagai penghargaan atas perjuangannya mendirikan Negara RI sekaligus sebagai Sang Proklamator," ucap Bupati Brebes Idza Priyanti usai meninjau penambahan fasilitas, di lokasi monumen, Rabu, 14 September 2016.

Selain pembuatan patung, Monju juga dilengkapi dengan diaroma atau miniatur tiga dimensi yang menggambarkan adegan perjuangan masyarakat Brebes saat mempertahankan kemerdekaan.

Di dalam monumen juga tengah digarap relief sisik melik perjuangan di Brebes, hingga pembangunan era kepemimpinan pemerintahan bupati perempuan pertama Idza Priyanti – Narjo.

Idza berharap, lewat penambahan fasilitas akan menambah daya tarik warga Brebes untuk mengunjungi monumen. Selain itu, untuk mengenang kembali perjuangan para penegak kedaulatan RI.

"Masyarakat Brebes, jangan sampai melupakan sejarah sehingga sangat penting dibangunnya monumen dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya," kata dia.

Penambahan fasilitas lain, berupa videotron, WC umum dan lain-lain, diharapkan bisa menjadi destinasi wisata alternatif bagi masyarakat Brebes dan sekitarnya. Apalagi, banyak sekali unsur mendidik yang terdapat pada monumen.

Untuk itu, Idza berharap ada pagar keliling untuk menghindari penyalahgunaan taman. terutama sepeda motor dan sepeda yang sering dibawa masuk arena oleh pengunjung.

"Kita harus saling menjaga memelihara aset bangsa ini, agar lestari dan menjadi taman pendidikan yang berkelanjutan," ucap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata ruang (DPU Taru) Nushy Mansur menambahkan, pembiayaan untuk pembuatan patung, diorama dan relief serta WC umum sebesar Rp 1 miliar.

"Untuk pemeliharaan, disediakan Rp 200 juta," ucah Nuhsy.

Monumen Juang 45 Kabupaten Brebes yang berada di kompleks Perumahan Muspida Pemkab Brebes, Kelurahan/Kecamatan Brebes diresmikan Bupati Brebes Idza Priyanti pada 2015 lalu.

Bangunan yang menelan biaya Rp 2,45 miliar itu didirikan sebagai pengingat pertempuran sengit antara para pejuang dan tentara Belanda di jembatan Sungai Pemali.

Pembangunan Monumen Juang 45 yang merupakan pemindahan Monumen Juang di Alun-alun Brebes tersebut dimulai sejak 2012 dan diselesaikan pada 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.