Sukses

Mensos: Pesantren Jadi Pondasi Anak Lanjutkan Masa Depan

Menteri Sosial Khofifah meminta para orang tua agar tidak salah memilih tempat pendidikan bagi anaknya.

Liputan6.com, Jombang - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menghadiri acara kelulusan putranya di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Lembaga pendidikan berbasis agama itu dianggapnya sebagai salah satu tempat untuk menggembleng mental dan karakter anak Indonesia.

"Karena itu, opsi untuk memberikan pendidikan secara holistik integratif melalui pendidikan karakter sesungguhnya tumpuan kita adalah di pesantren," tutur Khofifah di Jombang, Minggu (29/5/2016).

Dia meminta para orang tua agar tidak salah memilih tempat pendidikan bagi anaknya. Karena hal itu akan memberikan dampak panjang bagi masa depan putra putri mereka.

"Jadi benteng bangunan karakter, mental dan moral bangsa sesungguhnya yang kita harapkan adalah di pesantren serta boarding school," tegas Khofifah.

Saat ini, lanjut dia, arus komunikasi yang kian maju membuat masyarakat Indonesia harus siap menghadapinya. Dengan kemampuan yang mumpuni, Indonesia dipastikan akan memenangkan kompetisi global.

"Pada posisi seperti inilah maka basis pesantren menjadi sangat penting untuk menjadi bekal yang akan menjadi pondasi bagi anak-anak kita untuk melanjutkan kehidupan ke depan," ucap Khofifah.

Tak hanya keilmuan berbasis STEM (Sains, Technology, Engineering and Economy, and Math), para santri di pesantren juga memperdalam ilmu agama. Dan pesantren dianggapnya sebagai tempat yang tepat dalam menggali ilmu tersebut.

"Mudah-mudahan ini semua akan menjadi bagian penguatan pesantren di dalam meneguhkan kontribusinya menjadi negara kesatuan Republik Indonesia," ujar Khofifah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini