Sukses

Tertarik Jadi Duta Wisata Bukittinggi? Daftar di Sini

Bujang dan gadih yang terpilih akan dikarantina untuk dididik jadi duta wisata Bukittinggi.

Liputan6.com, Bukittinggi - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat membuka pendaftaran Pemilihan Bujang Jo Gadih Duta Wisata Kota Bukittinggi. Pemilihan Bujang Jo Gadih tahun ini merupakan yang ke-11 kalinya.

"Bagi yang berminat, masih dapat mendaftarkan diri ke Kantor Disbudpar Bukittinggi hingga 15 Mei 2016 mulai pukul 8.00 sampai 15.00 WIB," kata Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pemilihan Bujang Jo Gadih, Hendra Yeni di Bukittinggi, seperti dilansir Antara, Kamis (12/5).

Sejak pendaftaran dibuka pada 15 April 2016, telah banyak calon peserta yang datang mengambil formulir pendaftaran. Namun hingga kini baru sekitar 10 calon peserta telah mengembalikan formulir pendaftaran tersebut.

Pemilihan Bujang Jo Gadih akan melalui tiga tahap seleksi yaitu wawancara, tes tertulis dan penampilan bakat peserta yang mulai dilaksanakan pada 19 sampai 21 Mei 2016.

Pada tahap tes tertulis calon peserta diberikan tes seputar pengetahuan umum dan pemerintahan, pengetahuan agama, adat dan budaya Minangkabau, kepariwisataan, Bahasa Inggris, dan psikologi, etika serta kepribadian.

"Dari semua tahap seleksi tersebut, dipilih 10 finalis yang akan dikarantina mulai 23 hingga 26 Mei 2016 untuk diberi pembekalan yang masih berkaitan dengan materi yang diujikan pada setiap tahapan tes,"  kata Hendra Yeni.

Untuk syarat umum bagi peserta di antaranya warga negara Indonesia, berusia 17 sampai dengan 24 tahun. Syarat lain berpenampilan menarik dengan tinggi minimal untuk Bujang 170 centi meter, dan untuk Gadih 165 centi meter serta memakai jilbab.

Pendidikan terakhir SMA/sederajat atau sedang/sudah tamat kuliah dibuktikan dengan foto kopi KTP/kartu pelajar/kartu mahasiswa dan mendapat izin dari orangtua.

"Para calon peserta juga harus memiliki kemampuan atau bakat dalam suatu bidang misalnya kepemimpinan, seni, bahasa dan kemampuan berbicara di depan umum yang baik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini