Sukses

Aktivis Lingkungan Tolak Pembangunan Smelter Freeport di Gresik

Aktivis lingkungan menilai, daerah Gresik sudah kelebihan beban industrial.

Liputan6.com, Surabaya - Aktivis lingkungan menggelar aksi di depan kantor Gubernur Jawa Timur, Selasa (6/10). Mereka menolak rencana pendirian pabrik pengolahan dan pemurnian smelter PT Freeport Indonesia di Gresik.

Peserta aksi dari Komunitas Peduli Lingkungan (KOPEL) Gresik, Jawa Timur, dan Komunitas Peduli Lingkungan (KPL) se-Gerbang Kertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan).

Koordiantor KOPEL Rakhman Khariry mengatakan, pembangunan smelter memperparah polusi di Kabupaten Gresik. Sebab, saat ini sudah ada ribuan perusahaan dan industri yang sudah berdiri di Gresik.

"Cerobong asap, polusi, limbah, adalah pemandangan yang tak asing lagi kita temui sebagai dampak dari industrialisasi. Apalagi ditambah rencana pembangunan smelter," kata Rakhman di sela aksi.

Menurut dia, masyarakat khawatir jika sewaktu-waktu ada kecelakaan dalam pengolahannya. Belum lagi dampak limbah merkuri yang ditimbulkan.

"Apalagi rencana pembangunan smelter itu berlokasi sangat dekat dengan pemukiman," ujar Rakhman. (Hmb/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.