Sukses

Tata Cara dan Urutan Bacaan Doa Ziarah Kubur, Kamu Wajib Tahu Sebelum Kunjungi Makam Keluarga

Berikut adalah tata cara dan urutan bacaan doa ziarah kubur yang perlu kamu ketahui sebelum mengunjungi makam keluarga jelang Ramadhan 2023. Apa saja doanya?

 

Liputan6.com, Jakarta - Berziarah kubur menjadi salah satu tradisi yang dilakukan umat Islam di Indonesia menjelang Ramadhan. Tak terkecuali tahun ini, makam ramai dengan peziarah yang ingin mendoakan sanak keluarga yang telah berpulang.

Peziarah biasanya berdoa untuk kebaikan almarhum sanak keluarganya. Selain itu, ziarah kubur juga dilakukan agar yang ditinggalkan bisa mengingat kehidupan akhirat, karena pada dasarnya, orang yang hidup juga akan merasakan mati nantinya.

Sebelum berziarah kubur ke makam keluarga atau sanak saudara, ada baiknya kamu mengetahui tata cara dan doa ziarah kubur apa saja yang harus dipanjatkan saat berziarah kubur. Berikut informasinya sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.

Berikut tata cara ziarah kubur dan doa ziarah kubur:

1. Pastikan untuk mengenakan pakaian yang pantas tetapi nyaman untuk berziarah kubur

2. Ketika mendatangi kuburan keluarga atau sanak saudara, mengucapkan salam.

Latin: Assalamu'alaìkum dara qaumìn mu'mìnîn wa atakum ma tu'adun ghadan mu'ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun

Arti: Assalamualaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin, telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besaok, dan kami InsyaAllah akan menyusul kalian."

3. Membaca Istighfar

Latin: Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi

Arti: "Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Baca Alfatihah dan Surat Pendek Saat Ziarah Kubur

4. Membaca surat Al-Fatihah

5. Membaca surat Al Ikhlas

6. Membaca surat Al Falaq

7. Membaca surat An-Naas

8. Membaca kalimat tahlil

Latin: Laa Ilaaha Illallah

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah

3 dari 3 halaman

Bacaan Latin Doa Berziarah Kubur dan Artinya

9. Membaca doa ziarah kubur

Latin: Allahummaghfìrlahu war hamhu wa 'aafìhìì wa'fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì' madholahu, waghsìlhu bìl maa'ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.

Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.

Artinya : "Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran."

"Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya." (Berdasarkan HR Muslim)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.