Sukses

Quraish Shihab: Bergaullah dengan yang Arif agar Mendapat Manfaatnya

Quraish Shihab juga menjelaskan bahwa sumber ketenangan adalah kesadaran dan bahwa rezeki seseorang tidak mungkin diambil oleh orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Inilah nasihat yang perlu dicamkan di saat Anda tidak tahu, merasa bersalah maupun menyesal.

"Bila Anda tidak tahu, bertanyalah. Bila bersalah, menyesallah. Setelah menyesal, tinggalkanlah apa yang disesali," ungkap cendekiawan muslim Quraish Shihab. 

Bila menyumbang, rahasiakanlah. Di saat harapan tak terpenuhi, maka berucaplah yang baik.

Quraish Shihab juga mengajak untuk bergaulah dengan yang arif, karena darinya ada sejumlah hal yang dapat dijadikan pelajaran. 

"Dari ragu ke yakin, dari pamrih ke ikhlas, dari lengah ke ingat, dari angkuh ke rendah hati, dari keburukan niat kepada ketulusan, dan dari kecenderungan berlebih kepada dunia, menuju kecenderungan kepada akhirat," jelas Quraish Shihab.

Pendiri Pusat Studi Al-Quran ini juga menjelaskan bahwa sumber ketenangan adalah kesadaran dan bahwa rezeki seseorang tidak mungkin diambil oleh orang lain.

"Ketahuilah bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Melihat, dan menilai setiap sikap seseorang," tutup Quraish Shihab di akhir renungannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.