Sukses

7 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa, Wajah Tetap Cerah

Liputan6.com, Jakarta Tips menjaga kesehatan kulit saat puasa perlu diterapkan agar wajah tetap cerah. Hal ini karena saat menjalankan puasa, kurangnya asupan makanan dan minuman, pola makan yang salah, hingga jam tidur yang mengalami perubahan dapat mempengaruhi kondisi kulit.

Selain tubuh, kulit juga membutuhkan perhatian khusus agar tetap sehat terjaga selama menjalankan ibadah puasa. Masalah yang biasanya dihadapi saat puasa adalah kondisi kulit yang kering dan terlihat kusam. Menjaga kesehatan kulit sama pentingnya dengan memiliki makanan yang sehat selama berpuasa.

Tips menjaga kesehatan kulit saat puasa dilakukan dengan memperhatikan pola makan dan tidur, serta perawatan yang tepat. Ketiga faktor ini harus benar-benar diperhatikan jika kamu ingin wajah tetap segar dan cerah selama berpuasa dan saat lebaran nanti.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/4/2020) tentang tips menjaga kesehatan kulit saat puasa.

2 dari 5 halaman

Menjaga Asupan Cairan dan Konsumsi Buah-buahan

Menjaga Asupan Cairan

Tips menjaga kesehatan kulit saat puasa yang pertama adalah menjaga asupan cairan. Tidak hanya tubuh yang perlu terhidrasi, kulit juga membutuhkan asupan cairan saat puasa. Apalagi, saat puasa, selama lebih dari 12 jam kamu harus menahan lapar dan haus.

Agar tetap memiliki kulit yang cerah saat puasa, usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan dari waktu berbuka puasa hingga sahur. Kamu bisa menggunakan rumus 2-4-2, dua gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur.

Hindari minuman berkarbonasi, mengandung banyak gula atau minuman beralkohol seperti soda dan jus, serta yang mengandung kafein karena dapat menyebabkan dehidrasi. Jika kamu bosan dengan air putih saja, kamu bisa mencampurnya dengan potongan buah segar atau infused water.

Konsumsi Makanan Kaya Serat seperti Buah-buahan

Mengonsumsi makanan kaya serat juga merupakan salah satu tips menjaga kesehatan kulit saat puasa. Jika kamu menginginkan wajah tetap cerah, konsumsilah makanan yang kaya akan serat dan antioksidan, seperti buah beri, kacang almond, coklat dan buah delima dan sayur-sayuran.

Pastikan banyak mengonsumsi buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit. Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air, karena selain dapat memberikan nutrisi untuk kulit, buah yang mengandung banyak air akan memberikan cairan yang dibutuhkan tubuh. Kamu bisa memilih semangka, stroberi, atau tomat. Menjaga asupan buah dapat membuat kulit tetap cantik saat puasa

 

3 dari 5 halaman

Mencuci Muka secara Teratur dan Gunakan Pelembap

Mencuci Muka secara Teratur

Membersihkan wajah secara teratur tentunya merupakan tips menjaga kesehatan kulit saat puasa yang paling penting. Hal ini dapat menghilangkan kotoran dan bakteri serta menjaga kesehatan kulit.

Gunakanlah pembersih wajah dengan bahan ringan, mengandung stearyl alcohol sehingga busa tidak berlebih, tidak berwarna, dan tidak berbau atau mengandung parfum. Hal ini agar kamu dapat menjaga kesehatan kulit dengan baik dan tidak menimbulkan iritasi.

Gunakan Pelembap dan Tabir Surya

Tips menjaga kesehatan kulit saat puasa berikutnya adalah menggunakan pelembap dan tabir surya. Dengan mengurangnya jumlah konsumsi air di siang hari, gunakanlah pelembab yang menghidrasi. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, gunakan krim atau minyak khusus wajah. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, gunakan pelembab berbasis gel yang tinggi hidrasi.

Selain itu, selama bulan Ramadan di musim panas juga sangat penting menjaga kulit terlindung dari paparan sinar matahari. Oleskan tabir surya di siang hari yang setidaknya mengandung SPF 30, dan oleskan kembali jika kamu berada di luar ruangan selama lebih dari tiga jam.

4 dari 5 halaman

Menggunakan Masker Wajah dan Suplemen

Menggunakan Masker Wajah

Kamu juga bisa menggunakan masker wajah secara teratur sebagai tips menjaga kesehatan kulit saat puasa berikutnya. Gunakan masker sekali atau dua kali seminggu.

Masker wajah dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan kulit akan terasa lebih halus dan terlihat lebih bercahaya. Pengelupasan masker secara teratur juga merangsang sirkulasi darah di wajah. Bilas wajah kamu dengan air dingin setelah pengelupasan untuk membantu menutup pori-pori.

Menggunakan Suplemen

Jika merasa kulit kamu masih kurang nutrisi saat puasa, kamu juga bisa menggunakan suplemen vitamin. Kamu bisa meminum suplemen yang mengandung vitamin C, A dan E serta mengandung antioksidan. Minumlah sesuai dosis yang dianjurkan selama berbuka puasa dan sahur. Namun, jangan berlebihan dalam penggunaan suplemen ini sebagai tips menjaga kesehatan kulit saat puasa.

5 dari 5 halaman

Istirahat yang Cukup

Salah satu faktor yang penting sebagai tips menjaga kesehatan kulit saat puasa adalah pola tidur atau istirahat. Hal ini karena waktu istirahat akan berkurang saat bulan puasa, karena kamu harus terbangun untuk sahur, dan tidak selalu bisa beristirahat lagi.

Oleh karena itu, jangan sampai kamu begadang atau tidur terlalu larut malam. Tidak cukup tidur akan membuat kulit tampak lelah dan mengalami penuaan dini, terutama pada area mata.

Selain itu, pastikan untuk selalu berolahraga secara rutin untuk mengurangi stres dan membuat metabolisme tubuh stabil. Metabolisme yang lancar akan membuat tidur lebih berkualitas. Tidur yang cukup akan menjaga kulit tetap sehat dan bersinar.